Dokter Tunjukkan Cara Atasi Vertigo dalam Hitungan Detik

Ilustrasi sakit kepala
Sumber :
  • pixabay/publicdomainpictures

VIVA – Vertigo adalah kondisi menakutkan dan melemahkan yang dapat menyerang kapan saja. Bahkan, bagi para penderitanya, memiringkan sedikit kepala saja dapat membuat seseorang merasakan sensasi yang sangat memusingkan. 

Sering Mabuk Perjalanan? Ini Cara Mengatasinya Ketika Mudik Lebaran

Sayangnya, sebagian besar pengobatan dan perawatan tidak efektif. Tetapi untungnya, banyak penderita mengatakan, teknik Half Somersault Maneuver atau Manuver Setengah Jungkir Balik, yang dikembangkan oleh Dr. Carol Foster, sangat membantu. 

Dilansir Healthy Food House, Senin 21 September 2020, telinga bagian dalam memiliki tiga kanal dan sensor gravitasi yang saling berhubungan. Kanal tersebut ditutup oleh lapisan kristal yang jika terlepas, akan masuk ke salah satu kanal.

Waspada, Tanda-tanda Ini Ternyata Gejala Awal Penyakit Glaukoma

Baca juga: Vertigo, Penyakit Berbahaya yang Bisa Dicegah

Pada titik ini, kristal menumpuk dan menyebabkan gangguan mekanis, yang menyebabkan pusing yang luar biasa, karena gerakan miring dapat mengakibatkan kristal menumpuk. Berikut cara melakukan gerakannya, jika vertigo mulai menyerang. 

Dokter Zaidul Akbar Ungkap Cara Atasi Pusing Saat Puasa

Ahli Otolaringologi Dr. Carol Foster MD, Direktur Laboratorium Keseimbangan dari Universitas Colorado Denver, menderita penyakit Meniere, yang ditandai dengan serangan mual dan pusing setiap hari layaknya vertigo. Hingga akhirnya dia menemukan cara untuk mengobati kondisi tersebut. 

Saraf di telinganya pernah dipotong lewat jalur operasi. Tetapi, cara tersebut hanya dapat mengobati gejala untuk sementara dan pemintalan dilanjutkan.

Karena vertigo disebabkan oleh penumpukan partikel, dia bereksperimen dengan gerakan memutar untuk melepaskannya dan akhirnya mengembangkan latihan sederhana yang dapat membantu semua pasiennya. Berikut instruksi untuk melakukan Manuver Setengah Jungkir Balik. 

- Mulailah dengan berlutut di lantai dan dengakkan kepala ke belakang. 
- Lihat ke langit-langit, meskipun pusing bisa meningkat sebentar. 
- Letakkan tangan di lantai di depan dan biarkan kepala menggantung, ujungnya sejajar dengan lantai dengan dagu sedikit masuk ke dalam. 
- Putar kepala ke siku kanan atau kiri, tergantung telinga mana yang terkena. 
- Tahan posisi ini selama sekitar setengah menit, lalu angkat kepala dengan cepat dengan tangan masih di lantai dan sejajarkan dengan punggung, jaga agar tetap menghadap ke sisi yang terkena. 
- Angkat kepala sepenuhnya.

Baca juga: Pusing Tak Tertahankan, Pahami Gejala Vertigo

Istirahat selama 15 menit dan ulangi, karena kamu mungkin perlu melakukannya beberapa kali untuk merasakan efeknya. Banyak pasien mengklaim bahwa latihan ini dapat meredakan gejala mereka, bahkan mengobati vertigo sepenuhnya. 

Jika kamu menderita pusing kronis, kamu perlu memeriksa masalahnya. Dan jika kamu didiagnosis dengan vertigo, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika ingin melakukan Manuver Jungkir Balik ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya