Sehatkan Jantung hingga Atasi Bau Mulut, Ini Sederet Manfaat Lemon

Ilustrasi buah lemon.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Lemon memiliki beragam khasiat yang dikenal sejak dulu dan masih dipakai hingga kini. Tak sedikit yang menggunakannya untuk sekadar bumbu pada masakan atau penambah rasa di minuman serta manfaat pada kesehatan.

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Kandungan baik di dalam lemon telah terbukti memberi kebaikan pada tubuh mulai dari menjaga kolesterol hingga bau mulut. Bahkan, lemon dapat bermanfaat baik bagi kesehatan darah dalam mencegah anemia.

Baca Juga: Resep Teh Lemon Jahe yang Ampuh Bikin Tubuh Langsing

Waspada Kolesterol Naik Usai Lebaran! Ini Rahasia dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi

Wah, banyak sekali manfaat lemon bagi kesehatan tubuh ya. Yuk, kita simak apa saja manfaat lemon bagi tubuh berdasarkan paparan pakar kesehatan dr. Wawamuli M.Biomed., dari acara Ayo Hidup Sehat tvOne, beberapa waktu lalu.

1. Jaga kolesterol

Kurang Tidur Saat Puasa, Bisa Picu Kenaikan Kadar Kolesterol, Kok Bisa?

Ilustrasi tes kolesterol.

Faktanya, banyak penelitian terkait kemampuan lemon untuk turunkan kolesterol. Salah satu kandungannya yang berkhasiat yaitu flavanoid yang mampu menurunkan metabolisme di hati serta mengeksresikan lemak.

Dengan begitu kadar kolesterol akan menurun namun disertai pembatasan asupan lemak dalam menu sehari-hari.

2. Kesehatan jantung

Ilustrasi jantung.

Dengan kemampuan lemon menurunkan kolesterol, hal ini dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu, lemon juga mampu menjaga kesehatan jantung dengan kandungan baik lain seperti mineral jenis potasium yang mampu menstabilkan pembuluh darah. Hal itu baik untuk menjaga elastisitas pembuluh darah.

3. Cegah bau mulut

Ilustrasi bau mulut

Dengan mengonsumsi lemon dengan kadar tepat, dapat memacu produksi lendir di mulut. Kita tahu, produksi lendir sangat baik dalam mencegah mulut kering yang berisiko pada bau mulut. Di lemon, senyawa antibakterinya dapat membantu menyeimbangkan perkembangan bakteri baik dan jahat di mulut.

4. Cegah anemia

Ilustrasi penderita anemia.

Lemon mengandung mineral, salah satunya jenis Fe atau zat besi. Di Indonesia, sebagian besar kasus anemia dipicu oleh kekurangan zat besi.

"Dalam keseharian, kita jarang mencukupi kebutuhan zat besi dari daging karena mahal. Jadi bisa dari lemon, cukup 1 butir sudah setara untuk kebutuhan zat besi dalam satu hari bagi penderita anemia," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya