WHO Akhirnya Setujui Herbal untuk Obat COVID-19

Logo WHO.
Sumber :
  • WHO

VIVA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), akhirnya memberikan persetujuan untuk memulai uji klinis herbal untuk memerangi virus corona atau COVID-19.

Sosok Helena Lim, ‘Crazy Rich’ PIK Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah

Laporan terbaru menunjukkan, lisensi WHO akan memungkinkan uji coba fase I/II dari obat-obatan herbal tertentu di beberapa bagian dunia.

Pasca pemantauan keamanan dan studi khasiat, peluncuran obat-obatan tersebut juga bisa dipercepat.

Sering Dialami Anak-Anak dan Mudah Menular, Apa yang Perlu Dilakukan Untuk Cegah Gondongan?

Dilansir Times of India, Selasa 22 September 2020, menurut laporan, WHO tergerak oleh tingkat keberhasilan yang terlihat dalam penggunaan bahan tradisional untuk memerangi wabah di masa lalu, seperti Ebola.

Baca juga: BPOM Tak Akan Pernah Keluarkan Klaim Jamu Bisa Bunuh COVID-19

Dokter Anak Internasional Gelar Workshop Champion Imunisasi, Ini Manfaatnya untuk Anak Indonesia

Sementara terapi dan perawatan herbal tunduk pada dukungan ilmiah, langkah terbaru ini membawa kita selangkah lebih dekat untuk memerangi krisis COVID-19. Berikut simak 3 alasannya:

Obat-obatan herbal sudah digunakan untuk melawan epidemi di masa lalu

Pengobatan herbal dan pengobatan alternatif telah teruji pada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan profilaksis dari beberapa terapi dapat mempercepat pemulihan bahkan menurunkan tingkat keparahan.

Ini bukan pertama kalinya ramuan tradisional diuji selama pandemi. Obat-obatan herbal juga banyak digunakan selama krisis Flu Spanyol pada 1918 lalu. 

Di China, yang menjadi pusat penyebaran, para dokter bereksperimen dengan pengunaan obat tradisional China (TCM) untuk memerangi efek samping yang mengancam jiwa dari beberapa obat konvensional yang digunakan dalam pengobatan.

Obat-obatan China disetujui digunakan pada tahap awal untuk merawat pasien, termasuk penggunaan ramuan tradisional, seperti akar manis, jeruk pahit dan banyak tumbuhan lainnya. 

Dipuji karena penggunaan profilaksisnya
Percobaan paling menarik saat ini sedang dilakukan oleh DAILAB IIT Delhi dan Institut Nasional Sains dan Teknologi Industri Lanjutan (AIST) Jepang. 

Dalam sebuah penelitian, keduanya menemukan bahwa obat herbal, ashwagandha, terbukti menjadi pemain penting dalam meniadakan efek virus dalam tubuh manusia, dan selanjutnya juga dapat digunakan untuk mengembangkan vaksin.

Mengomentari susunan biokimia alami, para peneliti mengatakan bahwa sifat ashwagandha dapat digunakan untuk menargetkan enzim penyebab penyakit dan memecah protein, Mpro (Main protease), yang bertanggung jawab untuk replikasi dan penyebaran virus.

Herbal dapat membantu pengembangan vaksin
Sifat anti-virus yang sama juga telah diamati pada ramuan lain, Propolis Selandia Baru, yang dapat membantu memblokir dan melemahkan struktur virus. Menariknya, perusahaan farmasi juga terjun ke dalam eksperimen tersebut. 

Grup seperti Medicago yang berbasis di Kanada dan perusahaan medis lain yang berbasis di Australia juga sedang bekerja untuk mengembangkan vaksin nabati yang menggunakan bahan berbasis jamu yang kuat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya