Studi: Perempuan Rentan Alami Gejala Covid-19 Lebih Lama Pasca Sembuh

Ilustrasi wanita sakit.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa wanita lebih cenderung mengalami gejala spesifik COVID-19 pasca pemulihan dibandingkan dengan pria. Studi ini dilakukan terhadap 128 pasien wanita positif COVID-19 di rumah sakit St.James di Dublin, Irlandia.

Kowani Kaji Uji Materi Aturan Pembagian Harta Bersama yang Merugikan Perempuan

Dari penelitian itu terungkap bahwa wanita lebih rentan mengalami kelelahan dalam waktu lama setelah pemulihan pasca virus corona.

Dari 128 pasien tersebut diketahui 67 persen pasien wanita mengeluhkan kelelahan yang terus-menerus bahkan 10 minggu setelah sembuh dari infeksi, terlepas dari seberapa parah atau ringan komplikasinya. 

Kemen-PPPA: Perempuan Lebih Rentan Terdampak Perubahan Iklim karena Peran Tradisional Gender

Studi ini bukan pertama kalinya yang mengungkap bahwa wanita lebih rentan menderita gejala jangka panjang ketika tertular virus.

Baca juga: Hati-hati, Penderita Diabetes Lebih Sulit Sembuh Jika Kena COVID-19

Menteri PPPA: Pemkab Wajo Contoh Keberhasilan Tekan Angka Perkawinan Anak

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan setelah epidemi sindrom pernapasan akut yang parah (SARS), dilaporkan bahwa beberapa orang mengalami kelelahan yang terus-menerus sehingga mereka bahkan tidak dapat kembali bekerja selama setahun setelah sakit.  

Baca juga: Hati-hati, Penderita Diabetes Lebih Sulit Sembuh Jika Kena COVID-19

Bahkan dalam studi tahun 2011 yang dipublikasikan di BMC Neurology Journal, lebih dari dua pertiga partisipan yang mengalami gejala ini adalah wanita.

Tips merawat diri sendiri pasca pemulihan

Melihat kenyataan itu, maka sangat penting untuk menjaga diri Anda sendiri setelah dites negatif dua kali COVID-19. Beberapa perawatan pasca COVID-19 yang bisa dilakukan wanita di rumah antara lain sebagai berikut seperti dilansir dari laman Times of India.

1. Istirahat

Beri diri Anda waktu istirahat yang cukup sebelum kembali ke rutinitas harian Anda.

2. Perhatikan tanda gejala

Perhatikan kesehatan Anda. Jika Anda mengalami masalah kesehatan yang parah seperti sesak napas, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

3. Perbaiki pengobatan 

Hanya karena Anda pernah terkena virus corona, itu tidak berarti Anda rentan terhadapnya.  Tindakan pencegahan diperlukan.

4. Perbaiki nutrisi 

Untuk pulih dengan cepat, Anda perlu istirahat yang cukup dan makan makanan sehat.  Sertakan makanan yang kaya nutrisi dalam makanan keseharian Anda.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya