Cegah Tertular COVID-19, Jangan Kunjungi 3 Tempat Ini

Ilustrasi restoran
Sumber :
  • Pixabay/Peter H

VIVA – Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, menyebut ada tiga tempat yang sangat berisiko tinggi untuk terinfeksi virus corona. Tiga tempat tersebut antara lain restoran, gym atau pusat kebugaran dan bar.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

"CDC baru saja merilis, jika Anda membuka situsnya, angka ini benar-benar memberi tahu. Ini menunjukkan peluang risiko berbagai jenis situasi yang memiliki risiko penularan tertinggi. Yang langsung muncul dari gambar itu adalah restoran, bar, dan gym," kata ahli imunologi dan ahli penyakit menular terkemuka di dunia, Dr Anthony Fauci seperti dikutip dari laman Times of India.

Baca juga: Khasiat Menakjubkan Susu, Ampuh Tangkal COVID-19

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Restoran dan bar

Sesuai studi terbaru yang dilakukan oleh CDC, pergi ke lokasi yang menawarkan pilihan makan dan minum di tempat dikaitkan dengan hasil positif COVID-19. Sebab faktanya, mereka yang dites positif COVID-19 dua kali melaporkan bahwa mereka makan di restoran.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Lalu, bagaimana keterkaitannya? Dijelaskan bahwa saat Anda makan di restoran atau pergi ke bar, Anda cenderung menetap di dalam ruangan, di area yang berventilasi buruk, dengan orang lain di sekitar Anda.

Kontak dekat dengan pelayan atau anggota staf lainnya, menyentuh barang (menu, piring) dan melepas penutup wajah atau masker wajah untuk makan atau minum, juga menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk tertular. Selain itu, tempat duduk dalam ruangan tidak selalu memberikan ruang lingkup untuk menjaga jarak minimal satu meter setiap saat, yang dapat meningkatkan risiko tertular infeksi.

Jika Anda tinggal di komunitas di mana tingkat penularan sangat tinggi, mengunjungi bar dan restoran dapat dihitung lebih jauh pada ujung spektrum yang tidak aman.

Gym atau pusat kebugaran

Jika Anda seorang pecinta gym, sangat disarankan juga untuk menghindari pergi ke gym saat ini, karena ruang tertutup dalam ruangan, dilepasnya penutup wajah saat berolahraga dan ventilasi yang buruk menjadi faktor risiko penularan. Selain itu, menggunakan peralatan gym yang sama dengan orang lain juga dapat berperan dalam menyebarkan penyakit, tidak peduli seberapa hati-hati Anda menggunakannya.

Baca juga: Alasan Mengapa Pasien Sudah Negatif Kembali Positif COVID-19

Untuk menurunkan risiko tertular COVID-19, sangat disarankan untuk selalu mengenakan masker saat Anda bertemu dengan seseorang yang tidak dikarantina. Selain itu, pilih bertemu di area tempat duduk luar ruangan yang berventilasi baik dan tidak melepaskan masker kapan pun, bahkan untuk berfoto serta terus mempraktikkan pola hidup bersih yang baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya