Efek Buruk Minuman Bersoda Lebih Buruk daripada Rokok

Ilustrasi Cola Soda
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Sebuah studi menunjukkan jika mengonsumsi setengah liter minuman soda per hari memiliki efek buruk yang sama besarnya dengan merokok. Minuman bersoda juga berpengaruh pada penuaan sel dalam tubuh, menimbulkan penyakit, dan juga obesitas.

Miris! Menkominfo Sebut Transaksi Judi Online Capai Rp 327 T di 2023

Seperti yang dilansir dari The Times of India, pada peminum berat minuman soda, telomere (unit pelindung DNA) di sel darah putihnya lebih pendek. Ini bisa memengaruhi perkembangan penyakit.

"Konsumsi minuman bersoda secara rutin dapat memengaruhi perkembangan penyakit. Tidak hanya berpengaruh pada sistem metabolisme tubuh tetapi juga mempercepat penuaan jaringan sel," ungkap Elissa Epel, peneliti senior sekaligus profesor jurusan Psikiatri University of California, San Francisco (UCSF).

Panjang telomere dalam sel darah putih selama ini dikaitkan dengan usia manusia. Telemore yang pendek akan menyebabkan penyakit kronis muncul termasuk penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Studi tentang efek buruk minuman bersoda ini telah dipublikasikan secara online melalui jurnal American Journal of Public Health.

Kontainer Bermuatan Kayu Terguling di Jalur Gentong Tasikmalaya

Truk Kontainer Bermuatan Kayu Terguling di Jalur Gentong Tasikmalaya

Kontainer Bermuatan Kayu Terguling di Jalur Gentong Tasikmalaya

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024