Tips Cegah Gangguan Asam Lambung Saat Puasa

ilustrasi sakit perut
Sumber :
  • istock

VIVA.co.id - Waktu-waktu menjelang berbuka puasa, adalah waktu kronis, di mana tubuh sudah mulai merasakan dampak kurangnya nutrisi karena puasa seharian. Dalam keadaan seperti ini, risiko yang bisa terjadi adalah naiknya asam lambung, yang menyebabkan munculnya pusing, mual, dan rasa tak nyaman di perut. 

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Asam dan gas lambung, adalah elemen yang terdapat dalam lambung manusia yang berfungsi untuk melarutkan makanan yang dicerna ke dalam tubuh. Namun, jika kadar asam dan gas lambung meningkat, kesehatan organ cerna dan tubuh Anda akan terganggu, khususnya Anda yang sedang berpuasa. 

Namun, seperti yang dilansir dari laman Times of India, naiknya gas dan asam lambung ini, tentunya bisa diatasi dan dicegah.

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas

"Mengatasi gas dan asam lambung tak perlu repot dan mengeluarkan biaya, Anda bisa mengatasinya dengan bahan bahan alami yang ada di dapur rumah," papar ahli gizi dan narablog kesehatan Shreta Brahme.

Tips utama untuk mencegah naiknya gas dan asam lambung adalah, dengan mengonsumsi banyak air putih. Jika sedang berpuasa, cukupilah asupan air putih ketika sahur, berbuka, dan sebelum tidur. Hasilnya akan lebih optimal, jika Anda mengonsumsi air hangat. 

Ditemukan, Zat 'Pembunuh' Mikroba Infeksi Nosokomial

Selain itu, penting bagi Anda untuk menghindari beragam makanan berminyak, pedas, serta asam saat sahur. Makanan jenis tersebut, bisa meningkatkan asam dan gas lambung, yang bisa mengganggu aktivitas berpuasa Anda. 

Pilihlah makanan segar yang didominasi buah dan sayur, seperti pisang dan semangka, yang baik untuk lambung. "Mengurangi kopi juga bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi gangguan lambung dan melancarkan sistem cerna," ujarnya. (art)

Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016