Cara Efektif Terhindar dari Osteoporosis

Ilustrasi sendi
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Dokter Deffy Leksani dari
Meetdoctor
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
menjelaskan, ada banyak cara untuk terhindar dari osteoporosis. Ia menjelaskan, faktor gaya hidup seperti pola makan dan olahraga rutin (olahraga 2 sampai 3 jam tiap pekan), dapat memengaruhi seberapa sehat kualitas tulang Anda.
Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Penderita osteoporosis sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan, sebelum melakukan olahraga untuk memastikan apakah aktivitas tersebut tepat untuk dilakukan.


Setiap pekan, orang dewasa harus melakukan setidaknya sekitar 2-3 jam olahraga dengan intensitas menengah, seperti bersepeda atau jalan cepat. Latihan angkat beban dalam berat yang tidak berlebihan dan ketahanan tubuh sangat penting untuk meningkatkan kepadatan tulang dan membantu mencegah osteoporosis.


“Bagusnya melatih kaki dan lutut. Aktivitas menyangga beban adalah olahraga yang melatih kaki dan lutut Anda, untuk menopang massa tubuh. Olahraga seperti lari, melompat, menari, dan aerobik bermanfaat menguatkan otot, ligamen, dan sendi,” ujar Deffy.


Tips memperkuat tulang


Orang yang berusia di atas 60 tahun juga dapat memperkuat tulang mereka dengan olahraga seperti jalan cepat, atau bermain badminton berdurasi pendek. Saat berolahraga, gunakan sepatu yang mampu meminimalkan risiko cedera terutama pada pergelangan kaki.


Latihlah kekuatan tulang. Latihan ketahanan meliputi gerakan-gerakan seperti
push-up
, angkat berat, atau latihan angkat beban menggunakan peralatan di pusat kebugaran. Tarikan yang dilakukan otot tendon terhadap tulang dapat meningkatkan kekuatan tulang. Tanyakan cara penggunaan alat-alat tersebut kepada instruktur untuk menghindari cedera.


“Kemudian terapkan pola makan sehat. Vitamin D penting untuk penyerapan kalsium yang diperlukan untuk memperkuat tulang dan gigi. Vitamin D dapat ditemukan dalam kuning telur, susu kedelai, hati sapi. Jika gaya hidup atau pola makan membuat Anda kekurangan vitamin D, Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin D,” ujarnya.


Untuk orang dewasa, direkomendasikan mengonsumsi 15 mikrogram vitamin D setiap hari. begitu juga dengan kalsium sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang. Kadar konsumsi minimal kalsium yang direkomendasikan tiap hari 1000 miligram. Kalsium juga dapat ditemukan pada beberapa makanan seperti tahu, tempe, kacang merah, dan ikan sardin.


Bersahabat dengan sinar Matahari pagi juga bagus. Sinar Matahari dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D secara alami. Vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium di dalam tubuh. Proses tersebut membantu memperkuat gigi dan tulang yang pada akhirnya dapat mencegah osteoporosis.


Menghentikan kebiasaan buruk juga berpengaruh. Berhentilah merokok dan membatasi konsumsi alkohol, ini dapat melindungi Anda dari osteoporosis. Dalam hal ini, hampir semua tulang dapat berpotensi mengalami osteoporosis, sehingga tidak dapat ditentukan pada bagian mana kepadatan tulang akan menurun terlebih dahulu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya