Kenali Tanda Awal Kanker Tiroid

Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Penyakit kanker tiroid berada pada urutan ke-6 kasus kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia pada tahun 2012 hingga 2013. Sebenarnya, penyakit ini bisa disembuhkan sejak awal jika diketahui gejalanya sejak dini.

Biasanya, awal mula dari kanker tiroid dapat dilihat dari adanya benjolan yang tidak terasa nyeri di leher. Kanker tiroid jarang menyebabkan pembesaran kelenjar, tetapi lebih sering menyebabkan pertumbuhan kecil (nodul) di dalam kelenjar.

Jika Anda merasakan hal tersebut, dr Erwin Da Julian, Sp, B (K) Onk menyarankan untuk segera melakukan scanning. Sebab hal tersebut dapat memberitahu berfungsi atau tidaknya nodul, karena jika tidak berfungsi cenderung bersifat ganas.

Menurut dia, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebagai gejala awal kanker tiroid, seperti suara serak yang tidak hilang.

"Bisa jadi itu salah satu tanda awal (kanker tiroid). Kemudian, untuk lebih jelasnya, Anda dapat berkaca sambil mendangak, bila terlihat ada benjolan, itu merupakan gejala tiroid," ujar Erwin saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 11 Februari 2016.

Dia menambahkan bahwa tanda lain yang perlu dicurigai adalah rasa sakit saat menelan makanan atau minuman. Namun untuk lebih meyakinkan, Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan ultrasonografi atau USG.

Dia menuturkan, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengetahui jenis nodul jinak atau ganas. Dengan mengetahuinya, maka pengobatan bisa dilakukan dengan cepat dan tepat. (ase)

Kanker, Penyakit Mahal yang Umum di Negara Miskin

Lima Jenis Kanker yang Paling Mematikan

Setiap jenis kanker memiliki tingkat keganasan yang berbeda-beda.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016