LGBT Bisa Disembuhkan Lewat Terapi Konseling

Kampanye kaum homoseksual di Suriname
Sumber :

VIVA.co.id - Isu mengenai kaum Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender selalu jadi kontroversi. Bahkan hal ini, sekarang dianggap sebagai bencana yang bisa merusak moral generasi muda.

Lama Mendekam di Tahanan, Berat Badan Saipul Jamil Drop

Tapi, seorang Psikiater, Dr Fidiansyah dalam tayangan Indonesia Lawyer Club (ILC) di TVOne beberapa waktu lalu mengatakan, LGBT yang termasuk sebagai masalah gangguan jiwa ini bisa disembuhkan. Salah satu caranya, dengan melakukan terapi konseling pada psikiater dan psikolog. "Terapi konseling ini ada prosesnya. Datang ke psikolog, psikiater, ada empat pendekatan. Kalau ada (penyimpangan) aspek organda biologi, kita beri obat." ujarnya.

Ia juga melanjutkan, jika masalah penyimpangan itu terkait aspek psikologi, bisa dibantu untuk secara perlahan mengubah perilakunya. Dan jika ada cara pikirnya yang keliru, akan diubah kognitifnya. "Tapi, kalau ada lingkungan yang berpengaruh, kita ubah modifikasi pengaruh lingkungannya. Dan kalau ada yang keliru saluran spiritualitas agamanya, kita kembalikan pada agamanya," ujarnya.

Fidiansyah pun mengakui, LGBT bisa menular. Namun, jangan khawatir, banyak kasus LGBT bisa disembuhkan. "Kasusnya banyak dan bisa disembuhkan. Tapi tergantung terapisnya siapa. Semua yang terdiagnosis, jika datang ke psikolog atau psikiater mereka bisa membantu orang untuk dikembalikan pada fitrahnya."

Saipul Jamil

'Ngefans', Tahanan di LP Cipinang Siap Jaga Saipul Jamil

"Ipul juga sudah siap. Dia bawa alat salat, minyak, sarung."

img_title
VIVA.co.id
4 April 2016