Pijat Dapat Tingkatkan Fungsi Pencernaan Bayi

Ilustrasi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Ikatan antara ibu dan bayi sangat penting, karena dapat mendorong pertumbuhan bayinya. Untuk itu, penting bagi orangtua mengetahui pemahaman yang tepat, seperti melakukan pemijatan pada bayi mereka.

Pemijatan pada bayi, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan peran penting, salah satunya meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Sebab, rangsangan pijatan mampu memicu saraf vagus, yang kemudian merangsang pelepasan hormon di area gastrointestinal (GI).

Hormon tersebut merangsang aktivitas GI dalam penyerapan makanan dan pertumbuhan area GI. Dengan demikian, pemijatan dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan membantu mempercepat kesiapan area GI.

"Salah satu manfaat pemijatan bayi adalah meningkatkan fungsi pencernaan dan kemampuan penyerapan makanan, sehingga melalui rangsangan pemijatan pada saraf vagus dapat membantu meningkatkan berat badan bayi, dengan pengaturan pelepasan insulin yang berfungsi membantu mengubah glukosa menjadi bobot," ujar Direktur PT Johnson & Johnson Vishnu Kalra, saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Senin, 4 April 2016.

Dia menambahkan bahwa manfaat lain dari rangsangan aktivitas vagus adalah peningkatan insulin-like growth factor (IGF-1). Hal tersebut dapat mendorong pertumbuhan melalui perangsangan sel-sel untuk tumbuh dan bereproduksi.

Harmoni Energi Sehat Menyuarakan Pesan Kesetaraan dalam Pelayanan Kesehatan
Gedung Kampus UNU Gorontalo. (Foto: UNU Gorontalo).

Rektor UNU Gorontalo Diduga Lecehkan 12 Mahasiswi, Dosen dan Staf di Kampus

"Untuk sejauh ini, sudah ada 12 orang yang telah melaporkan (Rektor UNU). Mereka masing-masing mahasiswi, staf hingga dosen. Pelaporan itu dilayangkan ke pihak LLDIKTI."

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024