Waspada, Pilek Tak Kunjung Sembuh Bisa Jadi Gejala Kanker

Ilustrasi kanker.
Sumber :
  • Freewallpaper

VIVA.co.id – Jika Anda sering mengalami gangguan pernapasan, seperti adanya sumbatan, telinga berdengung, nyeri di daerah pipi, waspadalah, bisa jadi itu gejala kanker nasofaring

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

Kanker nasofaring merupakan salah satu jenis keganasan yang sering ditemukan, dan berada di peringkat empat sebagai kanker terbanyak di Indonesia, setelah kanker leher rahim, kanker payudara dan kanker paru.

“Kanker nasofaring disebabkan oleh beberapa hal yaitu seperti Epstein-Barr virus (peningkatan antibodi, genom virus pada sel tumor), bahan kimia, termasuk asap hasil pembuangan rokok, dupa atau kemenyan, kayu bakar, kemudian pekerjaan yang menghasilkan serbuk kimia, seperti peleburan besi dan serbuk kayu," kata Dr.Cita Herawati,SpTHT-KL, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Kamis, 26 Mei 2016.

5 Cara Alami untuk Berhenti Merokok, Dukungan Sosial Jadi yang Terpenting

"Menurutnya, gejala kanker ini digolongkan ke dalam empat bagian, yaitu gejala pada hidung, berupa mimisan ringan sampai berat, terasa sumbatan di hidung, sering pilek lama seperti gejala sinusitis. Kedua yaitu rasa tidak nyaman pada telinga, seperti tersumbat, dengung, kemudian ketiga, timbulnya gejala pada mata dan saraf, tumor mulai masuk ke dalam lubang tengkorak, di mana banyak dilalui saraf, sehingga saraf tersebut terjepit.

"Bahkan mengakibatkan penglihatan ganda, dan nyeri di daerah pipi dan sekitarnya (trigeminal pain), yang dirasakan berbagai gangguan menelan, bicara, lemah otot bahu atau leher,” kata Cita.

Sebelum Pengumuman Kanker, Kate Middleton Sempat Bertemu dengan Raja Charles

Terakhir adalah gejala pada leher, di mana terdapat benjolan di leher. Bisa satu sisi bisa juga pada dua sisi leher.

William, Kate Middleton dan ketiga anaknya

Usai Didiagnosis Kanker, Kate Middleton dan Keluarganya Memutuskan Pergi Berlibur

Pangeran William dan Kate Middleton dikabarkan memutuskan untuk beristirahat sejenak dari hiruk pikuk dan pergi berlibur. Pangeran dan Putri Wales serta ketiga anaknya.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024