Pilih Sekolah Anak, Kenali Kualitas Guru Pengajarnya

Ilustrasi Sekolah, Ruang Kelas
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Setiap orangtua pasti ingin memberikan pendidikan terbaik bagi buah hatinya. Karenanya, memilih sekolah yang tepat penting dilakukan. Lantas, bagaimana menilai sebuah sekolah itu baik atau tidak bagi anak?

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Bukan hanya dari kurikulumnya saja yang membuat sekolah berkualitas, tapi hal terpenting adalah kualitas para gurunya.

Dalam media workshop "What Great Teacjwrs Do Differently" yang diadakan di Australian Independent School (AIS), Kemang, Jakarta Selatan, dikatakan  guru yang baik adalah guru yang memiliki kriteria seperti kemampuan untuk menangani, memahami, dan memotivasi siswa.

Moms, Ini Cara agar Tak Mudah Stres dan Bisa Bonding dengan Anak

Selain itu, guru yang baik adalah mereka yang bisa menciptakan suasana positif di dalam kelas. Mereka memahami pentingnya apresiasi bagi siswa dan dapat menangani siswa sesuai dengan kelebihan dan kekurangannya. Seorang guru juga harus mampu merespons bukan bereaksi terhadap perilaku buruk siswa tanpa memperburuk situasi.

Guru yang baik adalah guru yang menetapkan harapan tinggi untuk siswa mereka dan menetapkan harapan yang lebih tinggi lagi bagi diri mereka sendiri.

7 Perilaku Gaslighting Orangtua pada Anak, Banyak yang Gak Sadar

Menurut Kepala Sekolah AIS Indonesia Brenton Hall, memiliki guru yabng berkualitas tinggi merupakan hal yang sangat penting bagi sekolah.

"Ketika orangtua menitipkan anaknya kepada kami maka kami memiliki tanggung jawab memotivasi dan mendukung siswa untuk menemukan minat dan bakatnya masing-masing," ujar Hall dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Rabu, 15 Juni 2016.

Karenanya, Hall selalu berusaha meningkatkan kualitas para guru di sekolahnya. Mereka tidak hanya memiliki kemampuan mengajar tapi juga keterampilan memahami dan menangani. Keterampilan tersebut terus dilatih melalui berbagai workshop yang dipimpin oleh pakar pendidikan Indonesia maupun luar negeri.

Laporan: Adinda Permatasari

Baca Juga:

Kampung Cendol Makassar Marak Saat Ramadan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya