Tips Tetap Energik Selama Puasa

Ilustrasi buah dan sayur.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Menahan lapar dan dahaga dari matahari terbit hingga terbenam terkadang menjadi tantangan tersendiri. Karena itu, makan makanan seimbang yang penuh nutrisi dan vitamin sangat penting dilakukan.

Tips Jalani Pola Hidup Sehat untuk Cegah Sakit Batu Ginjal

Kurang makan dan minum bisa menurunkan tingkat energi di dalam tubuh seseorang. Selain itu, kurangnya energi dapat membuat kehidupan profesional maupun personal menjadi tidak maksimal. Karena itu, orang yang berpuasa juga harus menjaga kesehatan agar tetap tampil energik.

Berikut beberapa tips agar tampil energik selama puasa seperti dilansir laman Boldsky.

11 Tips Hidup Sehat Supaya Terhindar dari Penyakit Menurut WHO

Tips 1

Sahur adalah bagian terpenting dalam menjalankan puasa. Karena itu, pilihlah makanan yang sehat dan mengenyangkan. Yakni, makanan yang bisa menjaga energi tetap tinggi selama satu hari penuh. Cobalah pilih makanan seperti oatmeal, telur, buah-buahan, saat sahur.

5 Tips Agar Tak Mudah Sakit Saat Puasa

Tips 2

Selama puasa, banyak yang mengeluhkan masalah pencernaan seperti perut kembung, konstipasi, dan sebagainya. Jadi, sebaiknya makanlah dengan porsi yang tidak berlebihan dan jangan terlalu banyak makan saat sahur maupun berbuka. Makanlah kurma, nasi, sayuran, buah-buahan ke dalam menu sahur dan berbuka Anda agar tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Tips 3

Saat makan sahur atau berbuka, pastikan juga untuk membatasi konsumsi teh dan kopi. Sebaiknya, minum banyak air putih selama dua waktu tersebut, jadi Anda bisa tetap tampil energik selama puasa.

Laporan: Adinda Permatasari

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya