Bahaya Kolesterol yang Terkandung di Sajian Lebaran

Ilustrasi makanan lebaran
Sumber :
  • Pixabay/naturepost

VIVA.co.id – Hari ini orang sedang merayakan Hari Raya Idul Fitri. Banyak ibu rumah tangga yang memasak makanan mengandung kolesterol yang tinggi seperti opor, sayur ketupat, gulai, sambal goreng ati, dan berbagai macam makanan lainnya.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Bahkan kue lebaran juga mengandung tinggi kolesterol. Nah, semua makanan ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan, karena mengandung  kolesterol yang bisa menyebabkan penyakit seperti jantung dan stroke.

Ketika makan-makanan ini, harus tahu batasan agar terhindar dari penyakit tersebut. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK, dokter spesialis gizi menyarankan agar menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi.

Mantan Istri Ungkap Kondisi Kesehatan Donny Kesuma Sebelum Meninggal Dunia

"Ketika lebaran harus menghindari makanan yang memiliki kadar lemak tinggi, hal ini dapat menyebabkan penyakit seperti jantung dan stroke," kata dr Fiastuti, kepada VIVA.co.id.

Ketika datang ke tempat saudara atau kerabat, usahakan untuk memilih makanan yang sehat atau memiliki kadar kolesterol yang rendah. Anda juga harus menghindari kue lebaran, karena mengandung kolesterol yang tinggi.

Keluarga Kenang Sosok Donny Kesuma, Ingin Semua Anaknya Sukses

"Kalau kue lebaran, mencoba satu buah saja, boleh. Ini karena kue lebaran mengandung kolesterol yang tinggi. Karena telur tinggi akan kolesterol," kata dr Fiastuti.

Ia juga berpesan kepada orang yang menyajikan makanan, agar memberikan makanan yang sehat juga seperti buah, sayur, serta kue yang tidak tinggi kolesterol.   

Ilustrasi Scaling Gigi

Ini Akibat Jarang Scaling Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

Scaling gigi adalah prosedur membersihkan plak dan karang gigi. Plak adalah lapisan warna putih di permukaan gigi ketika bakteri dalam mulut bereaksi dengan sisa makanan.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024