Tujuh Hal Penting yang Perlu Diketahui Anak Sebelum Remaja

Ibu dan anak perempuan.
Sumber :
  • pixabay/Twnynina

VIVA.co.id –  Apakah Anda memiliki anak yang akan tumbuh menjadi remaja? Jika ya, para orangtua tentu tahu bahwa akan banyak sekali tantangan dalam membesarkan anak. Tantangan ini tidak hanya dihadapi oleh orangtua, tetapi juga sang anak.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Ketika anak Anda mulai memasuki usia di atas satu tahun, Anda mulai mengajarkan cara membuang air besar dan kecil dengan benar di toilet, ketika mereka berusia lima tahun, Anda mulai menyiapkan mental mereka untuk menghadapi masa-masa sekolah dan berbagai kegiatan lainnya.

Sama halnya dengan proses di atas, terdapat beberapa hal yang perlu Anda ajarkan pada anak sebelum mereka memasuki masa remaja. Hal ini penting untuk modal mereka bertahan hidup dan mengambil tindakan saat mereka sudah memasuki usia dewasa.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Terkadang orang tua hanya fokus pada aspek akademis anak saja dan lupa pada pengembangan life-skill yang juga berguna bagi mereka kelak. Berikut beberapa hal yang bisa Anda ajarkan pada anak sebelum mereka beranjak remaja dikutip dari Boldsky.

1. Pekerjaan rumah tangga
Mungkin beberapa di antara Anda menggunakan jasa asisten rumah tangga untuk mengurus pekerjaan rumah, namun itu bukanlah alasan untuk tidak mengajarkan mereka pekerjaan dasar seperti mencuci piring, mencuci pakaian, menyapu dan lain-lain. Mengajari anak hal-hal dasar tersebut akan membantu mereka untuk mandiri saat mereka besar kelak.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

2. Keuangan/menabung
Penting bagi anak Anda untuk belajar mengatur keuangan mereka salah satunya dengan cara menabung. Bila perlu ajarkan hal dasar mengenai bank seperti cara menabung di bank.

3. Melindungi diri
Ajarkan pentingnya menjaga diri sendiri terutama ketika berhadapan dengan orang asing. Berikan sedikit tips menjaga keamanan diri sendiri ketika berada di antara orang asing.

4. Pendidikan seks
Penting bagi Anda untuk mulai membekali anak dengan pengetahuan mengenai seks. Hal ini dilakukan agar anak bisa terhindar dari seks bebas dan kejadian lain yang tidak diinginkan.

5. Memasak
Mengajarkan dasar-dasar memasak juga penting untuk anak agar mereka tidak merasa asing dengan kegiatan dapur dan memudahkan mereka ketika sudah memasuki usia remaja. Anda bisa mengajarkan anak Anda cara menanak nasi, memasak telur dan sayur.

6. P3K
Anda bisa mengajarkan Anda anak bagaimana caranya mengatasi kaki terkilir atau mengobati luka.

7. Manajemen keuangan
Jelaskan mengenai pentingnya manajemen keuangan, menabung, diskon saat belanja dan hal-hal lain. Dengan demikian, mereka akan mengerti betapa berharganya uang dan bisa mengatur keuangan mereka sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya