Agar Anak Mau Bangun Pagi Setelah Liburan Sekolah

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • pixabay/smengelsrud

VIVA.co.id – Waktu berlibur sebentar lagi usai. Banyak anak-anak yang sebenarnya masih ingin menikmati masa-masa liburnya namun sudah waktunya berangkat sekolah.

Ternyata Telur Goreng Tak Baik untuk Sarapan

Memang terkadang sulit membuat si kecil mulai kembali aktif untuk berangkat ke sekolah. Berikut lima tips yang patut dicoba untuk mempermudah si kecil bangun dan bersiap ke sekolah, seperti dilansir dari laman Webmd.

1. Rencanakan sejak awal

2 Menu Sarapan Kaya Serat untuk Anak, Gampang Banget Bikinnya

Psikolog keluarga, David Swanson, berujar bahwa penting untuk merencanakan sesuatu sebagai transisi dari liburan yang menyenangkan dengan waktu berangkat ke sekolah. Sebaiknya, para orangtua sudah merencanakan mulai jauh-jauh hari dan bukan malah semalam sebelum keesokan harinya waktu ke sekolah.

Biasakan memulai segala sesuatu untuk berangkat sekolah pada satu minggu sebelum hari H tiba. Co-author dari The Sleepeasy Solution, The Exhausted Parent's Guide to Getting Your Child to Sleep, Jill Spivack juga menyarankan agar diskusi bersama si kecil dan menjelaskan manfaat tidur cukup bagi tubuh.

Manfaat Lebih Belajar Digital untuk Anak

Dengan tidur yang cukup, dapat menghindari si kecil dari masalah secara fisik maupun mental. Penting juga untuk menunjukkan pada si kecil bahwa perencanaan ini akan membuat dirinya menjadi lebih siap dan merasa lebih baik saat hari sekolah tiba.

2. Berikan aktivitas yang teratur

David mengingatkan, jika Anda menginginkan si kecil tidur tepat pada waktunya, berikan aktivitas yang berulang. Memasang waktu untuk jam makan malam, memberikan batasan waktu untuk bermain komputer, video game, dan menonton televisi dapat membuat tubuhnya kembali memiliki rutinitas.

Namun, disarankan agar tidak mengatur aktivitasnya terlalu banyak. Biarkan anak-anak memiliki rutinitas untuk mereka nikmati namun bermanfaat baik untuk tubuhnya.

3. Rutinitas

Setelah beberapa minggu memiliki jam tidur yang cenderung terlampau malam, tidak mudah membuat anak kembali untuk tidur cepat saat malam sebelum hari kerja. Sebaiknya berikan waktu selama satu minggu sebelum liburan berakhir untuk kembali memasang jam untuk mengatur waktu tidurnya.

4. Persediaan sekolah

Semua orang menyukai saat-saat berbelanja, termasuk si kecil. Untuk mengembalikan semangat sekolahnya, ajak ia untuk membeli beberapa peralatan sekolah baru yang dirasa perlu.

5. Persiapan di malam hari

Salah satu hal yang membuat si kecil mudah untuk memulai pagi harinya untuk berangkat ke sekolah adalah telah menyiapkan perlengkapannya di malam sebelumnya. Persiapkan seragam sekolahnya saat malam, sehingga saat ia bangun di pagi hari, ia sudah siap dengan seragam sekolahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya