Pentingnya Tahu Pola Tidur Si Buah Hati

Seorang bayi sedang tidur pulas.
Sumber :
  • Pixabay/Ben_Kerckx

VIVA.co.id – Bagi orangtua, pola tidur bayi sangat penting untuk diterapkan. Namun, saat bayi beranjak dewasa, aktivitas tidurnya jadi tidak teratur. Terlalu banyak bermain akan membuat si mungil kurang tidur, atau bahkan sebaliknya, akan membuatnya terlelap sepanjang waktu. Sebetulnya bagaimana pola tidur yang baik untuk buah sang buah hati?

Miris, Bayi ‎di Mandailing Natal Lahir Tanpa Batok Kepala

Sebuah penelitian menemukan bahwa bayi yang memiliki jam tidur rutin, berisiko tumbuh dengan berat badan yang berlebihan. bayi yang terlalu sering tidur diklaim akan membuat tubuh sang bayi akan tumbuh dengan berat badan yang tidak wajar.

Para peneliti dari Penn State Collage of Medicine, US sudah memberitahukan hal tersebut agar para orangtua bisa semakin berhati-hati dalam menangani si mungil, seperti dilansir dari laman Alarabiya.

Tega, Bayi Baru Lahir Dibuang di Perkebunan Sawit

Peneliti menyebutkan bahwa bayi yang tidur di waktu awal memungkinkan memiliki peningkatan kesehatan yang baik. Namun jika terlalu sering terutama pada usia satu tahun, bayi akan menunjukkan pertumbuhan berat badan yang tidak wajar.

Penelitian yang dilakukan di Amerika tersebut menunjukkan bahwa bayi yang mengalami peningkatan berat badan di tahun pertamanya, berisiko obesitas di kemudian hari. Tidak hanya itu, peningkatan berat badan juga diyakini membuat tingginya risiko penyakit jantung, diabetes dan penyakit lainnya.

Bayi di India Lahir dengan Tiga Kepala

Sementara itu, seorang Bidan dan ahli tidur bayi, Rachel Waddilove mengatakan sebaliknya, menurutnya jam tidur yang tidak teratur malah akan membuat berat badan bayi bertambah. Rachel berasumsi, akan sangat mudah membuat si mungil berhenti menyusu jika sudah dibuatkan rutinitas yang teratur untuk ragam aktivitasnya, misalnya tidur yang teratur.

"Dari pemahaman saya, jika bayi tidak memiliki jam tidur yang teratur, ibu akan menyusuinya untuk membuat tidur kembali. Itu pasti akan membuat berat badan bayi bertambah," ujar Rachel yang aktif menulis di websitenya rachelbabies.com.

Rachel menambahkan, akan sangat penting untuk memberikan rutinitas jam tidur teratur pada bayi. Ia juga menyarankan hal tersebut dilakukan agar si mungil bisa dengan sendirinya terbangun dan tertidur kembali sesuai jadwalnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya