Fakta Keliru Makanan Berpredikat Sehat

healthy food
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Sebagai bagian dari gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat memang sangat dianjurkan. Tapi label makanan sehat seolah membatasi berbagai makanan lain yang sudah terlanjur mendapat predikat buruk.

Sebenarnya, beberapa makanan yang selama ini dianggap sehat pun ternyata tidak sepenuhnya benar. Mulai dari madu yang dianggap sebagai sumber manis yang baik dibanding gula hingga susu yang dianggap baik bagi tulang. Berikut ini adalah fakta sebenarnya dibalik mitos tersebut seperti dilansir laman The Sun.

Madu lebih sehat dari gula putih

Faktanya madu tidak lebih sehat dari gula. Mitos ini muncul karena madu dihasilkan oleh lebah. Padahal gula juga dihasilkan dari tebu atau bit juga sama-sama alami. Satu sendok teh madu mengandung 16 kalori sama dengan jumlah yang ada dalam gula.

Makan cokelat baik untuk tubuh

Hanya beberapa cokelat hitam yang benar-benar baik bagi Anda. Meskipun beberapa cokelat memiliki manfaat kesehatan karena kandungan antioksidan flavonoid, namun kebanyalan cokelat tidak memiliki cukup kandungan ini sehingga tidak memiliki perbedaan besar.

Bahkan 70 persen cokelat hitam tidak mengandung cukup flavonoid karena proses produksi cokelat dari kakao menjadi produk yang dapat dimakan.

Semangka mengandung banyak gula

Kandungan gula semangka tidak lebih banyak dari buah-buahan lainnya. Seperti buah lainnya, semangka juga mengandung gula alami yang disebut fruktosa namun 92 persen semangka adalah air sehingga rasanya tidak lebih dari gula.

Alasan kenapa banyak orang menganggap semangka lebih banyak mengandung gula karena semangka memiliki indeks glikemik tinggi namun rendah muatan glikemik, artinya kadar gula darah tidak akan banyak terpengaruh sesudah memakannya.

Susu baik untuk menjaga kesehatan tulang

Banyak orang percaya susu baik untuk tulang, tapi itu hanya karena kandungan kalsium di dalamnya. Sehingga terbentuk anggapan keliru kalau susu adalah kalsium.

"Susu mengandung kalsium sama seperti sayuran berdaun hijau pekat. Susu dibentengi dengan vitamin D, sama seperti produk alternatif dari susu lainnya. Sebenarnya, kesehatan tulang memebutuhkan lebih dari sekadar kalsium dan vitamin. Vitamin K adalah komponen paling penting yang dibutuhkan tulang," kata Ahli nutrisi Andy Bellatti.

Menurut Bellatti, magnesium yang ada dalam makanan seperti almond, kacang mete, oatmeal, dan kentang namun tidak terdapat dalam susu, juga berperan penting dalam kesehatan tulang.

Makan di jam tertentu bisa membuat gemuk

Makan pada jam tertentu tidak akan membuat Anda gemuk karena meskipun metabolisme Anda melambat saat tidur tapi bukan berarti berhenti total.

Anda pasti sering mendengar mitos kalau makan apa saja di jam tertentu akan menjadi tumpukan lemak di tubuh, padahal menurut para ahli ini tidaklah benar.

"Ini anggapan keliru. Yang paling berpengaruh adalah apa yang Anda makan selama seharian,"  kata Bellatti.

Yoghurt beku kadungan gulanya lebih rendah dari es krim

Seringkali yoghurt beku memiliki lebih banyak gula untuk meningkatkan rasanya namun biasanya rendah lemak.

Meskipun rendah lemak dibanding es krim, bukan berarti kandungan gulanya lebih sedikit karena makanan rendah lemak biasanya cenderung memiliki kandungan gula lebih banyak agar rasanya lebih enak.

Satu-satunya acara memastikan kandungan yoghurt beku adalah dengan memeriksa labelnya. Rendah lemak dan tanpa tambahan gula bisa menjadi pilihan meski seringkali topping yang digunakan menambah kandungan gulanya.

Tips Mudah Biasakan Anak Makan Sayur dan Buah
Jus sayuran.

Atasi Encok dengan Konsumsi Buah dan Sayuran Ini Tiap Hari

Seorang yang menderita encok mempunyai kadar asam urat yang tinggi.

img_title
VIVA.co.id
23 Mei 2018