Warna Cat Kamar Anak Pengaruhi Tumbuh Kembang

Baby room color
Sumber :
  • Pixabay/niekverlaan

VIVA.co.id - Jika Anda tengah menantikan kelahiran buah hati, mungkin Anda perlu memikirkan lebih serius untuk memilih cat kamar tidurnya. Mengubah cat kamar tidur bayi juga tidak hanya dapat dilakukan satu kali, karena ternyata memperkenalkan beragam warna cerah lewat cat dinding kamar buah hati secara bertahap sesuai usianya dapat membantu meningkatkan mood, kesehatan emosional serta produktivitas anak.

Dilansir laman The Sun, seorang ahli yang bekerja di Dr Sears Wellness Institute memberikan bocoran apa saja warna yang bisa Anda hadirkan di kamar buah hati sesuai dengan perkembangan usianya.

Usia 0-3 Bulan

Moms, Ini Cara agar Tak Mudah Stres dan Bisa Bonding dengan Anak

Penelitian membuktikan bahwa anak-anak yang berada dalam tahap awal kehidupannya hanya bisa melihat bayangan hitam, abu-abu, dan putih. Karena itu, para ahli yakin kalau mendekorasi kamar buah hati Anda dengan warna dan pola monokrom adalah ide yang bagus. Warna ini akan memberikan stimulasi visual yang baik dan membantu pertumbuhan dan perkembangan otaknya.

Usia 3-6 Bulan

Ketika anak-anak mencapai usia ini, menurut sejumlah penelitian, mereka sudah bisa melihat warna. Dengan demikian, memberikan warna primer yang terang di kamar mereka bisa menjadi stimulasi penting bagi anak-anak di usia ini. Jika Anda sudah memulai dengan warna monokrom, akan lebih mudah bagi Anda untuk menambahkan warna-warna terang di atasnya.

Usia 6-12 Bulan

7 Perilaku Gaslighting Orangtua pada Anak, Banyak yang Gak Sadar

Penglihatan anak pada warna sudah terbentuk baik ketika mereka menginjak usia 6-8 bulan. Karena itu, ini saat yang tepat untuk mengenalkan warna yang lebih kuat di dinding kamarnya. Anda bisa melakukannya dengan menambahkan gambar seni, mainan, buku, atau furnitur.

Usia 1-2 Tahun

Di antara usia ini, banyak anak yang sudah mulai belajar bicara. Dan, mencapai usia 18 bulan mereka akan mulai belajar membedakan warna. Dengan mengenalkan beberapa warna lain pada usia ini dapat membantu menstimulasi perkembangan kognitifnya.

Usia 3-4 Tahun

5 Tips Parenting Agar Anak Cerdas

Ketika berusia tiga atau empat tahun, mereka seharusnya sudah bisa mengenali warna-warna dasar. Untuk dapat meningkatkan kemampuannya mengenal warna, Anda bisa menambahkan aksen warna di kamarnya dengan menaruh bean bags,lampu, dan karpet.

Sebagai tambahan, Anda bisa melakukan permainan mengenali warna yang juga bisa membantunya membangun kemampuan bahasa dan komunikasinya.

Ilustrasi anak menabung.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Memahami atau memiliki kecakapan dalam hal literasi keuangan merupakan salah satu kunci penting agar dapat membuat keputusan keuangan yang tepat dan tidak boros. 

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022