Anak Muda Juga Rentan Osteoporosis, Ketahui Penyebabnya

Acara Hidup Sehat dengan Tulang Kuat di Rumah Sakit MMC
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah
VIVA.co.id
Makanan dan Minuman Pencegah Osteoporosis
- Osteoporosis atau penyakit yang dikarenakan tulang kurang kalsium saat ini tidak hanya melanda orang tua. Generasi muda yang masih sehat pun dapat mengalami penyakit ini. Hal ini dikarenakan asupan makanan yang dicerna oleh tubuh tidak dijaga polanya.

Kenali dan Cegah Osteoporosis Sebelum Terjadi

Osteoporosis terjadi ketika tubuh mengalami kesulitan menumbuhkan jaringan tulang baru untuk mengganti yang lama. Hal ini menyebabkan tulang melemah dan rapuh sehingga sedikit saja tekanan dapat mengakibatkan patah ataupun sakit.
Ironi Perburuan Badak Jawa di Kawasan Konservasi Ujung Kulon, Cula Dijual Rp 280 Juta


Menurut Prof. DR. Dr. Harry Isbagio, SpPD-KR, salah satu dokter orthopedi di Rumah Sakit Metropolitan Medical Center (MMC) Jakarta Selatan, osteoporosis dapat mengakibatkan risiko tulang cepat rapuh.


"Osteoporosis menyebabkan tulang rapuh dan juga mudah patah. Selain itu osteoporosis juga mengakibatkan tulang kehilangan mineral utamanya atau kalsium. Hal ini dikarenakan gaya hidup yang kurang baik dari penderita," katanya dalam acara Hidup Sehat dengan Tulang Kuat di Rumah Sakit MMC, Sabtu, 6 Agustus 2016.


Menurutnya, osteoporosis bukan hanya melanda pada usia yang tua saja. Namun, bagi Anda yang masih muda juga rentan terhadap penyakit osteoporosis. Beberapa faktor yang menyebabkan osteoporosis, menurutnya, faktor genetik dan juga gizi makanan yang diserap oleh tubuh.


"Gaya hidup yang kurang sehat, obat-obatan yang memiliki dosis yang tinggi serta fungsi ovarium dapat menjadi faktor munculnya osteoporosis pada tulang," tutur dia.


Dalam acara tersebut, Rumah sakit Metropolitan Medical Center (MMC) juga meluncurkan Pusat Ortopedi Terpadu dan Reumatologi untuk memudahkan masyarakat berobat dengan mudah tanpa harus keluar negeri.


Jadi, tidak ada salahnya Anda mulai mengatur pola hidup dengan sebaik mungkin untuk masa depan yang lebih sehat lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya