Lima Menu Sarapan Praktis Rendah Lemak Kaya Gizi

Ilustrasi sarapan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sejumlah ahli mengatakan, bahwa tubuh membutuhkan asupan makanan setelah 15 menit bangun dari tidur. Namun, ada baiknya untuk memperhatikan dan mempertimbangkan menu makanan yang disantap saat sarapan. Hindari makanan berminyak dan penuh lemak. Pilihlah jenis sarapan yang banyak memiliki manfaat bagi tubuh.

Ahli Gizi Ingatkan Aturan Konsumsi Kurma Saat Buka Puasa untuk Pasien Diabetes

Jenis makanan kaya nutrisi ini cocok Anda pilih sebagai menu sarapan. Seperti dilansir dari Times of india.

Roti panggang madu

Seberapa Penting Susu Bagi Anak-Anak? Begini Jawaban Ahli Gizi

Panggang roti bakar hingga renyah. Oleskan  setengah sendok madu di kedua sisi, taburi beberapa bubuk lada putih, dan kacang cincang.

Omelette putih telur dengan sayuran

Rayakan Hari Gizi Nasional, Ini 7 Tips Menerapkan Gizi Seimbang untuk Gaya Hidup Sehat

Masukkan ke dalam mangkuk 2-3 butir putih telur, potongan tomat, bawang, cabai hijau, 3 sendok teh semolina (gandum kasar), garam serta lada secukupnya. Gunakan penggorengan anti lengket, tuangkan satu sendok teh minyak zaitun, dan tuangkan telur yang sudah dikocok.  Masak di kedua sisi, kemudian sajikan dalam kondisi masih panas.

Roti manis

Panggang dua potong roti gandum. Masukan ke dalam mangkuk 3-4 sendok teh parutan keju leleh. Tambahkan 1 sendok makan gula palem dan aduk rata. Tutup dengan sepotong lain dan panggangan selama 2-3 menit. Sajikan dengan saus mint.

Roti pedas manis

Ambil 10 siung bawang putih, 3-4 sendok teh cabai merah bubuk, 2-3 sendok teh gula, garam secukupnya, 1 sendok teh minyak zaitun, satu buah tomat potong kecil dan giling  pasta halus. Ambil satu sendok teh saus ini, oleskan pada sepotong roti, tutup dengan irisan lain dan panggang selama 2-3 menit. Anda dapat menyimpan ini dalam lemari es selama lebih dari seminggu.

Roti pedas

Cincang halus bawang merah, paprika, tomat dan cabai hijau. Tambahkan 4 sendok teh yoghurt, dan seperempat sendok teh minyak zaitun, lalu aduk rata. Tambahkan garam dan merica secukupnya. Sekarang, taburkan  campuran ini ke roti gandum lalu panggang.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya