Tiga Tahap Penting Penuhi Nutrisi Bagi Bayi yang Baru Lahir

Bayi.
Sumber :
  • Pixabay/ PublicDomainPictures

VIVA.co.id – Nutrisi penting bagi kebutuhan si buah hati, karena itu pemberian nutrisi sebaiknya diberikan pada bayi sejak lahir. Nutrisi yang tercukupi akan berdampak bagi perkembangan sang buah hati kelak. Untuk itu, perlu dipahami tiga tahap penting dalam memberikan nutrisi si kecil di mulai usai kelahirannya.

Penuhi Gizi dan Nutrisi, Asupan MPASI Bebas MSG Jadi Pilihan Sehat

Di usianya yang baru menginjak beberapa menit usai dilahirkan, usahakan si kecil melakukan bonding dengan sang ibu. Dalam tahapan ini mencakup Inisiasi Menyusu Dini (IMD) pada si kecil.

"Taruh di dada ibu selama satu jam pertama. Biarkan dia mencari sendiri puting ibunya, nggak boleh dipaksa," ujar spesialis anak, dr. Naomi Esthernita F. Dewanti, SpA(K) yang ditemui di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis 18 Agustus 2016.

Tak Mahal, Deret Makanan Ini Cegah Penyakit untuk Si Kecil

IMD tercatat mampu membuat anak lebih pintar untuk menyusui pada sang ibu. Setelahnya, usahakan agar tahapan Air Susu Ibu (ASI) eksklusif dapat terlaksana.

"Keberhasilan ASI Eksklusif enam bulan pertama berturut-turut tanpa makanan apapun selain ASI," jelasnya.

Kata Konsultan Kesehatan Soal Ramai Produk Nestle Tak Sehat

Tahapan terakhir yaitu Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang diberikan sejak usia enam bulan hingga dua tahun. Dokter spesialis anak tersebut mengingatkan tahapan ini begitu penting namun cenderung diabaikan.

"Biasanya ditahap ini anak mulai kekurangan gizi karena makanan pendampingnya tidak dipilih dengan benar. Usahakan beri anak makanan yang bergizi dan ASI satu sendok makan," ucap dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya