Risiko Kehamilan yang Harus Diwaspadai Wanita Bertubuh Gemuk

ilustrasi wanita merasakan kontraksi hebat.
Sumber :
  • Pixabay/Greyerbaby

VIVA.co.id – Hamil dan memiliki keturunan  merupakan hal yang diidamkan setiap pasangan. Namun, salah satu yang harus diperhatikan jika Anda ingin menjalani program hamil adalah memperhatikan berat badan.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Kelebihan berat badan adalah salah satu hal yang harus diwaspadai para wanita yang ingin hamil. Memiliki berat badan yang berlebih saat hamil tidak baik bagi kesehatan. Bukan hanya memicu komplikasi selama masa kehamilan, berat badan berlebih saat hamil juga berdampak pada keselamatan ibu dan bayi.

Sebaiknya Anda harus memeriksa berat badan Anda terlebih dahulu sebelum merencanakan kehamilan. Jika Anda termasuk dalam kategori overwheight, sebaiknya Anda mulai berencana untuk melakukan program penurunan berat badan.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Berikut ini alasan mengapa Anda harus menurunkan berat badan sebelum memulai program hamil. Seperti dilansir dari laman Boldsky.

1. Potensi komplikasi

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Wanita yang memiliki berat badan berlebih sebelum kehamilan memiliki potensi terjadinya komplikasi pada masa kehamilan dan setelah melahirkan. Hal tersebut akan berdampak pada saat melahirkan. Beragam masalah seperti spina bifida atau cacat lahir karena terbentuknya celah pada tulang belakang bayi, keguguran dan, hingga kematian bayi didalam kandungan. Wanita yang kelebihan berat badan akan memicu masalah seperti gestaational diabetest, preeklamsia dan tekanan darah tinggi selama masa kehamilan.

2. Membahayakan sang bayi

Wanita yang kelebihan berat badan juga akan membahayakan sang bayi. Anak yang lahir dari ibu dengan berat badan berlebih akan berpotensi  menderita obesitas dan diabetes anak. Selain itu sang anak juga rentan menderita komplikasi sejak kecil.

3. Sulit hamil

Penelitian juga menunjukkan bahwa wanita dengan berat badan berlebih akan sulit untuk hamil, meskipun mereka sudah mencoba berbagai cara untuk mencapainya. Karena itu, sang ibu harus menjaga berat badannya sebelum kehamilan untuk menghindari komplikasi selama masa kehamilan dan ketika persalinan.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya