Tubuh Sehat, Mampu Tingkatkan Kepercayaan Diri Anak

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • pixabay/Tobbo

VIVA.co.id – Dalam raga yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Mungkin ungkapan tersebut tepat untuk menggambarkan bahwa fisik yang sehat juga berpengaruh terhadap jiwa seseorang.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Menjadi sehat dan bugar secara fisik, ternyata tidak hanya menguntungkan secara jasmani, namun juga secara psikologis. Hal tersebut juga berlaku bagi anak-anak.

Anak yang memiliki tubuh sehat akan berdampak pada peningkatkan kepercayaan diri anak.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

"Tiap gerakan aktif anak menghasilkan kondisi fisik, di mana penampilan yang segar akan membuat anak merasa lebih percaya diri," ujar psikologi klinis, Dra. Naomi Soetikno, Psi, yang ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa 23 Agustus 2016.

Naomi menuturkan, kepercayaan diri yang timbul akan berpengaruh pada banyak hal, salah satunya kecerdasan pada anak. Kaitan tersebut terlihat jelas ketika anak menjadi lebih aktif saat memperluas wawasannya di lingkungan.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

"Saat anak percaya diri, dia jadi aktif bertanya, dan secara tidak langsung meningkatkan wawasannya. Lama kelamaan bisa membentuk kecerdasan pada dirinya," terangnya.

Bahkan, kepercayaan diri tersebut akhirnya akan memperoleh jaringan pertemanan yang begitu luas. Sebab, dengan rasa percaya diri yang tinggi mampu membuat anak lebih berani untuk memulai segala sesuatu.

"Ada kegiatan apapun di sekolah, dia akan lebih berani. Makanya penampilan fisik itu sangat berkaitan erat dengan banyak hal pada anak," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya