Makanan Kaya Nutrisi Ini Cepat Atasi Luka

Ilustrasi buah-buahan/beri.
Sumber :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

VIVA.co.id – Tubuh selalu memiliki respon alami berupa pemulihan ketika terjadi peradangan. Langkah pertama yang dilakukan tubuh adalah melakukan pembekuan darah di sekitar area yang terluka, setelahnya tubuh akan melakukan pemulihan selama beberapa hari hingga luka tertutup sempurna dan jaringan kulit yang baru tumbuh.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Namun pada beberapa kasus, ada jaringan kulit yang luka membutuhkan proses lama untuk menutup, hal tersebut terjadi karena kondisi tubuh kurang kandungan zat anti peradangan seperti kolagen, likopen, dan anthocyanin. Berikut ini beberapa jenis makanan yang memiliki kadar zat anti inflamasi tinggi yang dapat membantu mempercepat proses penutupan luka. Seperti dilansir dari laman boldsky.

1.Kunyit dan jahe

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Makanan terbaik yang secara alami sebagai anti-peradangan adalah kunyit dan jahe. Sertakan mereka dalam menu makanan Anda, karena membantu  mengurangi peradangan.

2.Buah berry

6 Menu Buka Puasa Sehat Ini Bikin Energi Penuh, Cegah Diabetes & Hipertensi!

Berry mengandung anthocyanin yang merupakan zat anti-peradangan.  Mengonsumsi  buah berry sebagai camilan punya manfaat yang baik dalam jangka panjang.

3.Akar bit

Bit mengandung betalains yang dikatakan untuk mengurangi peradangan. jus akar buah bit sangat baik untuk kesehatan dalam jangka panjang.

4.Tomat

Lycopene dalam tomat dapat mengurangi peradangan. tomat yang dimasak lebih baik untuk tujuan megatasi hal ini.

5.Sayuran berdaun hijau

Kandungan vitamin E dalam bayam dan sayuran hijau lainnya dapat mengurangi peradangan.

6.Zaitun

Minyak Minyak zaitun mengandung oleocanthal. Ini adalah senyawa yang dapat meminimalkan peradangan.

7.Minyak ikan

Lemak omega 3  dalam minyak ikan dapat mengurangi peradangan. Ini salah satunya bisa Amda dapatkan dari ikan seperti salmon.

8.Kenari

Kenari, almond dan beberapa kacang-kacangan lainnya mengurangi peradangan. Mereka mengandung antioksidan yang memerangi peradangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya