Ketahui Ciri-ciri Wanita Kelebihan Hormon Androgen

Ilustrasi wanita berkacamata.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Sering melihat wanita dengan rambut di sekitar rahang layaknya janggut pada lelaki? Ternyata, itu adalah salah satu dampak kelebihan hormon androgen pada tubuh wanita.

Sering Bugil Ternyata Bisa Menyehatkan

Normalnya, kadar hormon androgen pada wanita hanya sebesar satu persen untuk memenuhi fungsinya di tubuh. Jika lebih dari angka tersebut, tandanya dapat terlihat jelas di tubuh salah satunya pertumbuhan bulu yang melebihi standarnya.

"Ada sembilan pertumbuhan rambut di tubuh wanita yang dipengaruhi androgen. Nah, sembilan bagian itu, jika terjadi hiperandrogen, maka pertumbuhan bulunya juga meningkat," ujar spesialis kandungan, DR. dr. Budi Wiweko, SpOG(K) yang ditemui di diskusi media di kawasan Menteng, Kamis 1 September 2016.

Wanita Rentan Mengalami Masalah Tulang dan Sendi

Beberapa bagian tubuh tersebut misalnya di dada, punggung, lengan, dan lain sebagainya. Menariknya, pada bagian rambut, malah terjadi rontok sehingga sebabkan kebotakan.

"Beberapa bagian tubuh lain tumbuh bulu, tapi di kepala malah terjadi kebotakan. Biasanya rambutnya rontok yang sebabkan penipisan hingga botak," jelasnya.

Cara Efektif Tingkatkan Hormon Progesteron pada Wanita

Selain itu, hormon tersebut juga berkaitan dengan sulitnya perkembangan sel telur yang malah membuat siklus menstruasi tidak teratur. Di sisi lain, berbeda dengan pertumbuhan jerawat di wajah dan tubuh yang semakin bertambah seiring banyaknya kadar androgen.

"Jerawat biasanya muncul di bagian dengan produksi minyak di tubuh yang berlebih seperti area Tzone di wajah, area tengah punggung, dan tengah dada," ujar spesialis kulit, dr. Suskmagita Pratidina, SpKK yang ditemui di tempat dan waktu yang sama.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya