Kenaikan Harga Rokok Efektif Kurangi Jumlah Perokok

Ilustrasi rokok
Sumber :

VIVA.co.id – Meski kenaikan harga rokok masih belum secara resmi dikeluarkan pemerintah, namun menurut Abdillah Ahsan, SE., M.SE., dari Lembaga Demografi Universitas Indonesia, kenaikan harga merupakan cara efektif menghentikan konsumsi rokok.

Rokok Ilegal Makin Marak, Kenaikan Cukai Dinilai Tak Efektif Kendalikan Konsumsi

"Saya pernah melakukan studi FGD (Forum Group Discussion) dengan para perokok di enam kota, dan hasilnya mereka menyatakan yang akan membuat mereka berhenti merokok jika harga rokok Rp50 ribu. Itu dilakukan pada waktu tahun 2011," kata Abdillah saat talkshow 'Sayangi Tubuhmu, Berhentilah Merokok' di Kemenkes, Jumat, 2 September.

Dari FGD tersebut Abdillah banyak mendengar jika para perokok pun bingung bagaimana cara berhenti merokok. Lalu mereka menyatakan bisa berhenti kalau ada kenaikan harga yang diimbangi pula dengan kenaikan cukai rokok.

Kenaikan Cukai Rokok Terlalu Tinggi, Pengamat Nilai Penerimaan Negara Jadi Tak Optimal

"Menuju kenaikan itu harus ditingkatkan menjadi empat kali lipat dari harga saat ini. Sistem cukai juga harus disederhanakan sehingga jarak antara rokok termurah dengan termahal bisa sempit," imbuhnya.

Abdillah menuturkan, sebanyak 60 persen perokok di Indonesia membeli rokok dengan harga yang mahal. Yaitu jenis kretek mesin golongan satu. Fakta ini seharusnya tidak membuat pemerintah menunda lagi menaikkan harga rokok setinggi-tingginya.

Bea Cukai Edukasi Masyarakat Tentang Rokok Illegal Lewat Sosialisasi

Dibanding dengan iklan bergambar yang dicantumkan pada bungkus rokok, kenaikan harga dinilai Abdillah jauh lebih efektif.

"Kita lihat iklan bergambar responsnya tidak terlalu ribut. Bahkan masih bisa dibuat lelucon. Ketika ada isu naik Rp50 ribu, baru ada pergulatan. Instrumen harga ternyata lebih efektif. Dan akan lebih baik lagi kalau iklan rokok juga dilarang," kata Abdillah.

Bea Cukai tindak ribuan batang rokok ilegal yang dikirim melalui jasa ekspedisi

Kenaikan Tarif Cukai Disarankan Moderat Menyesuaikan Inflasi agar Tidak Suburkan Rokok Ilegal

Tarif cukai yang naik secara terus menerus dinilai memberatkan pelaku usaha dan membuat rokok ilegal semakin subur.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024