Usai Sikat Gigi, Jangan Kumur dengan Air. Ini Alasannya

Sikat gigi pakai pasta gigi
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA.co.id – Menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak cukup hanya dengan menyikatnya dua kali sehari setiap hari. Cara menyikat yang tepat juga berperan penting dalam kesehatan gigi Anda.

Atlet Rentan Alami Kerusakan Gigi, Awas Bisa Berdampak ke Seluruh Tubuh

Dilansir laman The Sun, menurut saran dari sejumlah ahli kesehatan gigi, Anda seharusnya tidak langsung berkumur dengan air setelah menyikat gigi.

Berkumur hanya akan menghilangkan kandungan fluoride yang ada dalam pasta gigi, membuatnya mencair dan menghalangi bekerja pada gigi.

Mengenal Teknologi System Protective Layer (SPL) untuk Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Saran dari para ahli mengatakan, Anda sebaiknya membuang sisa pasta gigi dari mulut, tanpa berkumur dengan air.

Untuk alasan yang sama, Anda juga sebaiknya tidak langsung menggunakan cairan mouthwash setelah menyikat gigi.

Risih dengan Bau Mulut Tak Sedap saat Puasa? Simak, Ini Cara Cegahnya

Meski banyak mouthwash mengandung fluoride yang dapat mencegah gigi rapuh, tapi Anda disarankan tidak menggunakannya setelah menyikat gigi.

Pilihlah waktu berbeda untuk menggunakan mouthwash, misalnya setelah makan siang. Dan jangan minum atau makan setengah jam setelah menggunakan mouthwash dengan fluoride.

Jika Anda suka menggunakan dental floss, sebaiknya gunakan sebelum menggosok gigi, bukan setelahnya. Anda juga bisa menggunakan sikat interdental untuk menghilangkan sisa makanan yang terselip di antara gigi. Tapi ingat, jangan pernah menggunakan tusuk gigi karena itu hanya akan merusak gusi Anda dan mengakibatkan infeksi.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya