Lidah Kotor Bisa jadi Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Ilustrasi lidah.
Sumber :
  • Pixabay/1045373

VIVA.co.id – Masalah bau mulut seringkali merusak suasana santai saat berbincang dengan orang lain. Tentu, tidak ada yang lebih buruk dari mencium bau mulut tak sedap dari lawan bicara Anda. Namun, jika ternyata Anda yang memiliki masalah bau mulut ini, lakukan hal berikut untuk mendapatkan aroma mulut yang lebih harum dan segar.

Terpopuler: Tips Ampuh Atasi Bau Mulut Hingga Larangan Beli Baju Lebaran di 10 Hari Ramadhan

Seorang dokter gigi terkualifikasi Dr Ada Cooper memberikan beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut mengganggu seperti dilansir laman The Sun.

Dengan tips berikut, Anda tidak perlu lagi berulang kali makan permen karet atau membawa mouthwash kecil kemanapun pergi agar mulut tetap segar. Berikut tipsnya:

6 Tips Ampuh Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa

Sikat gigi setelah makan

Setiap kali selesai makan, luangkan waktu untuk menggosok gigi, sehingga mulut akan tetap segar sepanjang hari.

5 Ciri-ciri Penyakit Diabetes yang Jarang Disadari, Dimulai dari Penglihatan yang Kabur

Kalau Anda tidak menggosok gigi, sisa makanan akan tetap menempel di antara gigi dan lidah. Seiring waktu berjalan, sisa makanan tersebut akan dihancurkan oleh bakteri yang dapat menimbulkan bau tak sedap.

Sikat gigi sebelum tidur

Apapun yang masuk ke mulut selama seharian penuh akan tetap menempel di mulut saat malam hari. Hilangkan sisa kotoran itu dengan menyikat gigi agar terhindar dari bau napas tak sedap di pagi hari.

Sikat lidah Anda

Tidak hanya gigi yang dapat menjadi tempat bersarangnya bau yang diakibatkan sisa makanan, lidah Anda pun juga dipenuhi dengan bakteri.

Fokuskan sikatan Anda pada bagian permukaan belakang untuk mendapatkan kebersihan yang sempurna.

Banyak minum air

Mulut dan lidah yang kering dapat menyebabkan bau yang tak sedap. Jadi, perbanyaklah minum air dan hindari kopi karena minuman ini juga bisa menimbulkan bau tersendiri.

Jika Anda menjalankan semua instruksi di atas tapi masalah bau mulut Anda tidak juga teratasi, Anda mungkin memiliki masalah kesehatan lain yang harus diatasi. Segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya