Lima Cara Sederhana Mengasah Ingatan

Ilustrasi otak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Fungsi otak adalah memproses dan menyimpan berbagai macam informasi. Jika Anda berusaha mengingat sesuatu, otak Anda langsung memproses informasi yang sudah tersimpan sebelumnya.

KUIS: Sama-sama Ngotot, Temukan Istri yang Sebenarnya dari Pria Ini

Saat usia semakin bertambah, kemampuan otak pun berkurang beberapa fungsi otak mulai terganggu salah satunya adalah mudah lupa. untuk mengasah kembali fungsi otak Anda tentunya dibutuhkan nutrisi dari asupan Anda, hal lain yang bisa dilakukan adalah latihan untuk mengasah otak Anda. Seperti dilansir dari laman Boldsky, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk kembali meningkatkan fusngsi otak.

1. Latih otak

Daya Ingat Mulai Menurun, Titiek Puspa Cerita Susah Ingat Nama Orang

Salah satu cara alami untuk meningkatkan fungsi ingatan otak adalah dengan menjaganya agar tetap aktif. Puzzle, teka-teki atau mempelajari hal baru bisa membantu Anda melakukan itu. Lakukan secara rutin dan teruslah belajar.

2. Bertemu hal-hal baru

Tampak Sepele, Buah Ini Ternyata Bisa Kurangi Demensia Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan otak Anda salah satu caranya adalah dengan mengenal hal-hal baru. Jalan-jalan keluar kota, bertemu orang baru dan sebagainya bisa membuat otak Anda tetap aktif memproses informasi.

3. Hilangkan stres

Stres ternyata juga berpengaruh terhadap kualitas ingatan. Kurangi stres untuk menenangkan otak dan hindari aktivitas dengan tekanan mental tinggi.

4. Meditasi

Cobalah sesekali melakukan meditasi. Lakukan secara teratur. Cara ini akan membantu Anda untuk memproduksi sel-sel otak sehat.

5. Olahraga

Olahraga seperti berjalan atau bersepeda dapat menjaga otak tetap aktif sekaligus meningkatkan kesehatan otak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya