Ternyata Santan Juga Memiliki Manfaat Kesehatan

ilustrasi santan.
Sumber :
  • Pixabay/Liza redfern

VIVA.co.id – Banyak sekali jenis masakan Indonesia yang dibuat menggunakan santan. Ya, santan memang nikmat ditambahkan pada menu makanan dan minuman. Selama ini yang mungkin kita ketahui, bahwa mengonsumsi terlalu banyak santan akan memicu kolestrol dan munculnya berbagai macam penyakit kardiovaskuler.

10 Bahan Pengganti Santan untuk Memasak, Lebih Lezat dan Sehat

Padahal, tidak selalu demikian. Selain penambah kelezatan pada setiap masakan, santan juga memiliki manfaat kesehatan.

Santan berasal dari perasan daging kelapa tua. Seperti yang kita ketahui bahwa buah kelapa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Begitu juga dengan santan. Air santan murni yang berasal dari perasan daging kelapa segar juga menyimpan manfaat baik bagi tubuh. Namun yang harus digarisbawahi, santan instan atau yang sudah melalui proses pemanasan tidak termasuk di sini. Selain itu, terlalu banyak konsumsi santan juga tidak baik bagi kesehatan.

Jangan Lapar Mata Konsumsi Makanan Bersantan saat Lebaran, Simak Ini Bahayanya

Berikut sederet manfaat santan murni bagi tubuh. Seperti dilansir dari laman boldsky.

Mengatasi arthritis

Santan Tak Berbahaya untuk Penderita Hepatitis

Santan memiliki banyak kandungan selenium. Selenium berperan sebagai pereda inflamasi gejala arthritis atau nyeri sendi. Selain itu, santan juga mengandung antioksidan yang baik tulang dan sendi.

Menurunkan berat badan

Menurut beberapa penelitian, salah satu manfaat kesehatan dari santan kelapa murni adalah membantu menurunkan berat badan. Santan kelapa murni dan segar adalah bahan dasar dari pembuatan virgin coconut oil (minyak kelapa murni) dengan proses penyulingan dan ekstraksi dingin, sehingga terjaga nutrisinya. Minyak kelapa murni ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Meningkatkan imun

Kaya kandungan nutrisi seperti vitamin C dan asam laurat, santan membantu tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Membuat tulang kuat

Santan murni juga memiliki kalsium dan fosfor yang membantu memperkuat tulang. Selain itu, santan juga mampu menurunkan risiko patah tulang.

Mengatur gula darah

Santan murni mengandung zat mangan yang mampu mengendalikan kadar gula dalam darah. Selain itu, mangan juga mampu membantu proses metabolisme tubuh dan mengurangi peradangan.

Mencegah alzheimer

Sebuah studi baru-baru mengklaim bahwa dengan mengkonsumsi santan segar tiap hari dengan dosis tertentu, mampu mengurangi potensi terkena alzheimer. Penelitian tersebut mengungkapkan, dengan pengawasan dokter dan ahli, pasien alzheimer dengan kondisi kesehatan fisik tertentu menunjukkan beberapa perubahan yang efektif terhadap kemampuan otaknya ketika mengonsumsi santan murni dengan dosis tertentu.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya