Pria Berewok Lebih Diinginkan Wanita untuk Hubungan Serius

Hugh Jackman dengan janggut dan brewoknya
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Pria yang memelihara berewok kini tidak hanya sekadar tren. Memelihara rambut di wajah juga berkaitan dengan seberapa cocok mereka dijadikan pasangan oleh wanita.

Uighur China: Ditahan Gara-gara Janggut, Jilbab dan Internet

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa para pria yang menumbuhkan berewok lebih terlihat menarik untuk dijadikan pasangan serius.

Dilansir laman Metro.co.uk, para peneliti meminta 8.520 wanita berusia antara 18-100 untuk memberikan nilai pada sejumlah foto pria dalam hal daya tarik fisik. Mereka kemudian mengubah foto-foto tersebut mulai dari pria dengan wajah bersih, janggut halus, hingga berewok.

9 Tahun Tumbuhkan Janggut Hingga Pinggang, Ia Mencukurnya demi Amal

Mereka juga memainkan panjang dari janggut, garis rahang, tulang pipi, dan tulang alis pada serangkaian foto dan meminta para partisipan wanita untuk memberikan nilai. Para peneliti menemukan bahwa semakin feminin wajah dalam foto, semakin kurang daya tariknya, jika wajahnya bersih.

Jelas saja, pria dengan janggut lebat mendapatkan nilai yang paling menarik, diikuti dengan janggut tipis. Namun, keduanya dianggap lebih cocok untuk kencan biasa saja.

Awas, Pelihara Janggut Bisa Picu Infeksi Berbahaya

"Janggut dinilai sebagai yang paling menarik dan mendapatkan nilai yang tinggi untuk hubungan yang singkat dibandingkan dengan berewok yang dinilai lebih menarik untuk menjalin hubungan yang lebih serius dan lama," tulis kesimpulan penelitian tersebut.

Hal ini kemungkinan karena brewok merupakan sejenis tanda dominasi sosial maskulinitas pria.

Penelitian tersebut menyatakan, pria berjanggut dinilai lebih matang, maskulin, dominan secara sosial, dan agresif dibandingkan dengan pria yang wajahnya bersih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya