Tips Menjaga Mata Tetap Lembap

Ilustrasi mata.
Sumber :
  • pixabay/Twnynina

VIVA.co.id – Sering berhadapan dengan udara berpolusi di ibu kota, cenderung membuat mata kering dan iritasi. Terlebih, saat usia bertambah tua, mata akan berpotensi mengalami kekeringan mata kronik seperti kondisi saat menopause tiba.

Cara Mudah Deteksi Dini Mata Kering

Agar terhindar dari mata yang kering dan iritasi, ikuti beberapa tips mudah ini untuk membuat mata tetap lembap dan bercahaya, seperti dikutip dari laman Prevention.

1. Hindari terpapar layar komputer terlalu sering

Jangan Sepelekan, Penyakit Mata Kering Bisa Picu Kebutaan

Berada di depan layar komputer selama seharian penuh membuat mata bekerja dengan keras. Berhenti dan istirahat sejenak selama beberapa menit hingga jam, misal selama 20 menit, berikan waktu untuk mata melihat sesuatu yang sejauh 20 meter.

2. Tetes mata

Awas, Mata Kering Rentan Serang Kaum Perempuan

Tetes mata cenderung dianggap hanya untuk mengobati mata yang iritasi, padahal ia mampu membuat mata terhidrasi. Namun, tetap perhatikan jumlah dan frekuensi tetesan, sebab penggunaan berlebihan justru dapat mengiritasi mata.

3. Omega-3

Minyak ikan yang mengandung omega-3 ternyata mampu mengurangi radang pada tubuh, khususnya mata. Sehingga, konsumsi omega-3 dapat mencegah mata kering.

4. Perhatikan kandungan obat

Beberapa obat medis, seperti antihistamin untuk alergi, mampu membuat mata menjadi kering. Obat ini memiliki efek mengeluarkan cairan di tubuh. Selain itu, beberapa pil untuk kontrol kehamilan juga mampu membuat mata kering.

5. Pijatan mata

Berikan waktu sejenak untuk memijat area mata. Dimulai dengan menggosok kedua telapak tangan untuk menghangatkannya. Lalu tumpukan sikut di atas meja dan tutupi bagian bawah mata dengan tangkupan telapak tangan yang hangat. Tarik napas, lalu pindahkan tangkupan telapak tangan yang telah dihangatkan kembali di bagian mata lebih atas.

Setelahnya, gunakan ibu jari untuk memijat area sekitar mata dimulai dari bagian antara alis dan mata. Lalu buka mata dengan sangat lebar dan tarik napas dalam. Selesai. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya