Kenali Tanda Anak Alami Depresi

Ilustrasi trauma
Sumber :
  • pixabay/Lucken

VIVA.co.id – Seringkali orangtua tidak bisa membedakan antara rasa sedih dengan tantrum pada buah hati mereka. Depresi yang memiliki gejala sama dengan kedua perasaan itu pun seringkali tidak disadari.

Depresi, Pria Muda Bunuh Diri Loncat dari Lantai 8 Apartemen

Akibatnya, depresi pada anak tidak teratasi dengan baik sehingga memicu berbagai komplikasi kesehatan mental, yang kemudian dapat mempengaruhi masa depan mereka.

Jadi, penting bagi Anda untuk memperhatikan tanda sekecil apapun dari depresi anak sehingga Anda dapat memberikan pertolongan yang tepat.

Supaya Lebih Gembira, Ibu di Inggris Ubah Nama dan Gaya Jadi Unicorn

Tidak seperti orang dewasa, anak-anak mungkin tidak memahami apa yang terjadi pada dirinya saat mereka mengalami depresi. Mereka pun akhirnya mengalami trauma lebih dalam lagi.

Karenanya, Anda harus mengenali tanda-tanda depresi pada anak berikut seperti dilansir Boldsky.

Depresi, Anggota Kostrad Diduga Tusuk Diri Sendiri di Kemayoran

1. Nilai Jelek

Nilai yang tiba-tiba menurun kemungkinan karena anak mengalami depresi. Depresi menyebabkan anak kehilangan fokus, konsentrasi, dan kemampuan mengingat.

2. Sering Lelah

Jika buah hati Anda biasa aktif kemudian tiba-tiba menunjukkan kelelahan yang sangat secara tiba-tiba, bahkan ketika sudah beristirahat, itu bisa jadi tanda buah hati Anda depresi.

3. Merasa Tidak Berharga

Jika buah hati Anda sering mengatakan "tidak ada yang menyukai saya" atau kalimat serupa lainnya, itu bisa menjadi tanda dia merasa tidak berharga yang merupakan tanda depresi anak.

4. Menarik Diri

Buah hati Anda tiba-tidak tidak mau bermain dengan teman-temannya atau tidak mau berinteraksi dengan orang lain, itu bisa menjadi tanda depresi pada anak.

5. Tidak Punya Minat

Ketika Anda mengajak buah hati berpergian bersama keluarga dan dia menolak dan lebih memilih diam di kamar, kemungkinan dia tengah mengalami depresi.

6. Agresif

Jika buah hati Anda menunjukkan sikap agresif dan kemarahan, yang tidak biasa terlihat dari sifatnya, itu menjadi salah satu tanda dia mengalami depresi.

7. Ketidakacuhan

Anak yang depresi akan menunjukkan ketidakacuhan terhadap peristiwa bahagia atau ungkapan sayang dari orangtuanya.

8. Kurang Nafsu Makan

Hilangnya nafsu makan secara tiba-tiba, bisa menjadi tanda adanya depresi pada anak. Ini bisa sulit terlihat juga karena kebanyakan anak sulit makan dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya