Pascahaid, Waktu Tepat Lakukan SADARI Cegah Kanker Payudara

Ilustrasi wanita mengalami infeksi saluran kencing
Sumber :
  • pixabay/holdosi

VIVA.co.id – Deteksi dini kanker payudara diperlukan guna mencegah penyebaran kanker secara meluas. Oleh sebab itu, untuk para remaja, disarankan melakukan teknik SADARI (Periksa Payudara Sendiri) sebagai langkah pencegahannya.

Waspadai, Sering Kembung dan Tak Nafsu Makan Tanda Kanker Ovarium Mengintai

Hal yang perlu diingat adalah sebaiknya melakukan SADARI di setiap bulannya usai masa menstruasi, karena hormon sedang 'beristirahat'. Kemudian, lakukan SADARI saat di depan cermin dengan dua tahapan.

"Pertama cukup dengan dilihat saja. Letakkan tangan di samping tubuh seperti biasa. Cek kesimetrisan payudara, perubahan tekstur kulitnya dan lihat bagian puting, ada kelainan atau cairan tidak," ujar Dokter Deteksi Dini Kanker, dr. Hardinah Sabrida, di acara Breast Cancer Awareness Month, di Central Park, Jakarta, Rabu 12 Oktober 2016.

Ilmuwan Kembangkan Tes yang Lebih Akurat untuk Deteksi Kanker Serviks

Kemudian, masih di tahapan melihat, letakkan tangan ke atas dan di pinggang, lalu perhatikan hal yang sama seperti sebelumnya. Selanjutnya, tahapan kedua yakni melakukan perabaan.

"Saat ingin memeriksa payudara kanan, angkat tangan kiri menuju ke belakang kepala. Lakukan hal yang sama saat ingin memeriksa payudara sebelah kanan," ucap dokter yang juga bekerja di RS Dharmais itu.

Mendeteksi Kanker Pankreas, Penting untuk Diketahui Sejak Dini!

Setelahnya, lakukan perabaan mulai dari bagian ketiak secara berurutan hingga mencapai puting. Teknik perabaan yang disarankan yaitu secara spiral, dengan memutari keseluruhan bagian payudara secara luas hingga mengerucut.

"Dari ketiak, keliling langsung menuju ke tengah puting, rasakan jika ada benjolan. Saat sudah di puting, pencet bagian puting dengan telunjuk dan ibu jari untuk memastikan tidak ada kelainan cairan."

Ilustrasi wanita

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya