Cara Siasati Kudapan Agar Anak Menolak Jajan

Seorang anak sedang memperhatikan menu makan siang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Reuters

VIVA.co.id – Sejak heboh kabar permen jari yang disebut-sebut mengandung narkoba, masyarakat pun dibuat resah. Terlebih, kabar menyebutkan jika permen tersebut membuat seorang anak tertidur selama lima jam sehari setelah mengkonsumsi permen tersebut.

Bareskrim Selidiki Kopi Diduga Mengandung Paracetamol dan Obat Kuat

Kabar yang menjadi viral di media sosial ini pun sudah ditindaklanjuti oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan melakukan uji laboratorium.

"Sampai saat ini kami masih melakukan uji laboratorium dan belum ada hasilnya," demikian keterangan yang diberikan Humas BPOM saat dihubungi Kamis, 13 Oktober 2016.

Asosiasi Industri AMDK Diminta Percayakan Penuh ke BPOM soal Label BPA

Anak kecil suka mengonsumsi makanan manis.

BPOM juga memastikan bahwa permen jari yang sudah terdaftar di BPOM RI dengan nomor registrasi ML 824409085492 ini sudah diberhentikan peredarannya. Sejumlah sampel permen di wilayah Ciledug dan Karang Tengah pun sudah diambil oleh BPOM. Namun, jika ada yang masih menemukannya, dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya.

Demi Kesehatan Anak, Arist Merdeka Sirait Minta BPOM Lakukan Ini

Untuk menghindari jajanan anak yang tidak aman, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, di antaranya adalah pastikan jika produk yang Anda beli terdaftar di BPOM dan memiliki nomor registrasi.

Selain itu, selalu periksa dengan cermat label makanan yang ada di kemasan untuk memastikan jajanan tersebut memiliki kandungan yang aman bagi anak.

Anak-anak memang tidak bisa dilepaskan dari makanan ringan, karena itu Anda harus bisa menyediakan makanan ringan yang menggugah selera anak namun tetap menyehatkan. Berikut beberapa cara memberikan kudapan sehat bagi anak seperti dilansir Mayo Clinic.

1. Jauhkan makanan instan

Anak-anak tidak akan merengek meminta keripik atau permen jika Anda tidak membiarkan makanan-makanan itu di dekatnya. Buatlah teladan yang baik dengan memilih makanan sehat.

2. Pilih makanan dari bahan gandum

Makanan dari gandum bisa memberikan energi yang menyimpan tenaga lebih lama.

3. Padu padan

Sajikan biskuit atau buah segar dengan yogurt atau taburkan selai kacang di atas apel atau pisang.

4. Perluas menu

Sajikan berbagai jenis makanan dan campurkan hingga menjadi kudapan yang berwarna-warni.

5. Mengulang sarapan

Berikan menu sarapan sebagai kudapan sehat di sore hari bagi anak-anak.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya