Tujuh Alasan Bangku Pesawat Harus Ditegakkan Saat Takeoff

Kabin pesawat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sebagian besar dari kita setidaknya pasti pernah memiliki pengalaman naik pesawat terbang. Dan setidaknya, dalam perjalanan di udara, kita beberapa kali diminta untuk menegakkan sandaran bangku.

CEO Boeing Dave Calhoun Mengundurkan Diri Setelah Insiden Panel Kabin Lepas

Arahan ini biasanya kita dengar sebelum pesawat lepas landas atau takeoff dan mendarat. Pernahkah Anda bertanya-tanya alasan dibalik pentingnya menegakkan sandaran tempat duduk kita ketika dalam pesawat?

Alasan pertama adalah bangku memiliki mekanisme penguncian untuk menjaga kita tetap ada di tempatnya, dan hal ini hanya akan bekerja pada posisi tegak. Karena jika kembali dibaringkan, kursi tidak bisa mengunci secara otomatis.

Mau Traveling ke Negara Asean? Ada Promo Terbang Gratis Sepuasnya Hingga Diskon Hotel

Penjelasan lainnya adalah, saat duduk tegak, akan terdapat lebih banyak ruang untuk orang di belakang Anda. Hal ini tentu akan lebih mudah bagi mereka untuk keluar dari tempat duduknya, andai saja terjadi kondisi darurat.

Ilustrasi kabin pesawat

Taklukkan Langit, Ini 5 Pesawat Italia Paling Mematikan di Perang Dunia II

Tentunya ada beberapa alasan lain yang harus Anda ketahui. Berikut ini penjelasan lainnya seperti dilansir Lifebuzz.

Lepas landas berbahaya

Lepas landas adalah satu dari dua waktu paling berbahaya dalam sebuah penerbangan. Itu sebabnya penumpang harus menegakkan posisi bangku selama lepas landas.

Posisi tempat duduk pesawat memiliki makna

Ada desain khusus tempat duduk dalam sebuah pesawat. Tidak hanya untuk alasan kenyamanan tapi juga untuk memudahkan proses evakuasi jika diperlukan.

Bisa menghentikan kejadian yang tidak diharapkan

Kita pasti memiliki penumpang lain di samping kiri atau kanan yang terkadang tidak kita suka. Dengan menegakkan posisi tempat duduk, maka menghindari penumpang lain yang mungkin tertidur di bahu bisa jadi hal yang mungkin untuk dilakukan.

Paling aman

Posisi bangku tegak merupakan yang paling aman, karena mekanisme penguncian pada bangku hanya berfungsi saat tempat duduk dalam posisi tegak.

Terkadang proses evakuasi diperlukan

Tidak ada seorangpun yang memikirkan kejadian buruk, tapi kenyataannya evakuasi mungkin saja terjadi. Dengan menegakkan sandaran, hal ini mempermudah dan mempercepat evakuasi untuk semua orang.

Bangku pesawat telah diuji seperti mobil

Para ahli menguji bangku-bangku pesawat layaknya pada mobil. Proses pengujian ada pada seberapa banyak benturan pada bangku saat kecelakaan terjadi. Dengan cara ini mereka mendapat hasil yang akurat untuk keamanan penumpang.

Keseimbangan adalah hal penting

Saat pesawat condong, punggung mendukung bagian bawah jika duduk dalam posisi tegak. Hal ini penting untuk kesehatan punggung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya