Bahan Makanan Ini Baik untuk Pembentukan Organ Janin

Ilustrasi hamil.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Pada masa kehamilan, penting bagi ibu memerhatikan asupan makanan yang baik untuk calon buah hatinya. Pada masa-masa tertentu bayi membutuhkan asupan nutrisi untuk pembentukan organ janin, jaringan tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan perkembangan bayi, terdapat sepuluh jenis makanan yang baik dikonsumsi selama  masa kehamilan. Berikut di antaranya dilansir laman Boldsky.

5 Tips Lancar Ibu Hamil dan Menyusui Sehat saat Puasa Ramadhan

Telur

Selain mengandung banyak nutrisi, telur memiliki kadar kalori yang lebih sedikit. Telur baik untuk menutrisi ibu dan kandungannya. Kandungan kholine dan omega-3 dalam telur membantu perkembangan janin terutama pada organ otak dan mata (penglihatan).

5 Pahala dan Keistimewaan untuk Wanita Hamil dalam Agama Islam

Ikan

Seperti telur, ikan seperti salmon, sarden juga kaya akan protein dan omega-3 yang Anda sudah ketahui baik untuk perkembangan janin. Salmon mengandung lebih sedikit merkuri sehingga aman untuk dikonsumsi saat hamil.

Blewah: Buah Kaya Manfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan!

Buah-buahan

Bauh-buahan kaya akan nutrisi yang baik bagi ibu dan bayi. Di masa-masa puncak kehamilan, bayi sudah bisa merasakan rasa buah Anda makan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan serat dan protein dan bisa Anda cemil saat mengandung. Serat sangat penting untuk dikonsumsi saat hamil untuk menghindari konstipasi. Kadar asupan kacang yang disarankan saat hamil adalah 28 gram setiap hari.

Ilustrasi Ubi Jalar

Ubi

Karotenoid dalam ubi akan berubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Mengonsumsi vitamin dari ubi lebih baik baik ketimbang vitamin yang berasal dari bahan hewani. Tak hanya ubi, buah atau sayur yang kaya vitamin A sangat dianjurkan untuk Anda konsumsi saat mengandung.

Sayuran hijau

Bayam, kangkung dan sayuran hijau lain adalah sumber dari berbagai macam nutrisi. Tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi sayuran saat hamil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya