Ramuan Alami Obati Batuk Berkepanjangan

Lemon dan jahe.
Sumber :
  • Pixabay/Leon_Ting

VIVA.co.id – Pernahkah Anda mengalami batuk berkepanjangan meskipun sudah mencoba berbagai macam obat? Jika ya, mungkin Anda harus mencoba obat batuk buatan sendiri demi meringankan batuk Anda.

TBC Masih Jadi Penyakit Menular Serius, Bisa Ditularkan di Tempat Kerja

Bahan yang Anda butuhkan adalah jahe, madu, air dan asam lemon. Keunggulan dari ramuan ini adalah semua bahan yang digunakan sangat alami, tidak ada efek samping bagi yang meminumnya.

Batuk berkepanjangan dapat memicu timbulnya sakit kepala, sakit dada dan sakit perut, sehingga kandungan bahan alami tersebut dapat meredakannya. Misal jahe yang sangat dikenal sejak dahulu kala sebagai tumbuhan antiperadangan, sedangkan madu dikenal kaya akan vitamin dan zat antibakteri.

Apakah Jahe Bisa Meredakan Batuk dan Radang Tenggorokan? Begini Faktanya

Sementara lemon kaya akan vitamin dan zat besi sekaligus bertindak sebagai antibakteri. Oleh karena itu, ketiga bahan ini bisa Anda andalkan untuk mengobati batuk. Berikut ini cara membuatnya, seperti dilansir dari Boldsky.

Kupas jahe berukuran sedang lalu potong-potong kecil. Setelah itu, ambil dua buah lemon dan peras airnya lalu parut kulitnya. Masukan parutan kulit lemon dan jahe ke dalam wadah berisi air, kemudian panaskan beberapa menit dan dinginkan.

Penggemar Khawatir Taylor Swift Sakit dan Bisa Batalkan Konser di Singapura

Bila sudah dingin, saring air rebusan tersebut, lalu tambahkan setengah cangkir madu ke dalamnya dan hangatkan beberapa saat. Terakhir, tambahkan air perasan lemon, aduk rata.

Ramuan ini dapat diminum oleh anak-anak sekitar satu hingga dua sendok teh setiap hari, sedangkan orang dewasa dua sampai empat sendok teh per hari. Selamat mencoba!

Tasya Kamila

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Tasya Kamila menyadari tidak bisa selalu mengawasi anak-anaknya 24 jam. Oleh sebab itu, ia punya cara tersendiri untuk menjaga kesehatan anak-anaknya. Bagaimana caranya?

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024