Pijat Bagian Tubuh Ini Bisa Sebabkan Kelumpuhan

Ilustrasi tulang punggung.
Sumber :
  • Pixabay/Geralt

VIVA.co.id – Usai melakukan aktivitas, seringkali tubuh terasa pegal dan kaku. Hal tersebut, diakibatkan otot tubuh yang dibiarkan melakukan satu aktivitas dalam kurun waktu lama.

Geger Obat Berisi Tulang Manusia Beredar Pesat, Banyak yang 'Lewat'

Tubuh terdiri dari kerangka tulang, yang memiliki sendi sebagai penghubungnya serta ada ligamen dan juga otot. Bagian otot menjadi yang paling krusial saat rasa pegal dan kaku menyerang.

"Pegal dan kaku pada tubuh dirasakan di otot. Itu terjadi karena tubuh dalam keadaan repetatif konjuri yaitu sikap yang sama dalam waktu cukup lama," ujar spesialis kedokteran fisik dan rehabilitas, dr. Deasy Erika Sp.KFR, ditemui di Jakarta Pain & Spine Center, Jumat, 21 Oktober 2016.

Osteoporosis, Ancaman Wanita Pasca Menopause

Dengan sikap yang dilakukan dalam kurun waktu lama, hal itu sebabkan otot berkontraksi, kemudian terjadi siklus kimia yang menyebabkan asam laktat meningkat, dan otot terasa pegal. Untuk itu, dianjurkan untuk melakukan peregangan, untuk menghilangkan hal itu.

"Misalnya di bagian tangan, lakukan stretching atau bisa juga mengibaskan jari-jari tangan yang terasa pegal," kata Deasy.

Kuburan Dukun Wanita Dibongkar, Isinya Penuh Barang Mengerikan Ini

Selain itu, diperbolehkan juga melakukan pijat di tubuh yang terasa pegal, tapi hindari pada satu bagian yakni tulang belakang yang terdapat saraf-saraf tepi. Tulang tersebut menjalar lurus dari belakang leher hingga tulang ekor.

"Saraf di tulang belakang itu jangan ditekan. Yang boleh mungkin bahu, lalu bagian samping tubuh yang tidak ada tulang belakangnya. Karena kalau ditekan terlalu kuat, bisa sebabkan kelumpuhan,” katanya menambahkan.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya