Wajib Tahu, Pantangan Sebelum Konsumsi Suplemen Kalsium

Ilustrasi suplemen.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kalsium adalah salah satu mineral yang sangat penting dalam tubuh. Mineral ini diperlukan untuk tulang dan gigi yang sehat dan juga diperlukan untuk kelancaran fungsi jantung, saraf, dan bahkan sistem pembekuan darah.

Suplemen Jepang Diduga Picu Masalah Ginjal dan Kematian, Telah Dipasarkan ke Sejumlah Negara

Tapi ternyata tidak setiap saat seorang bisa dan boleh mengonsumsi suplemen kalsium. Ada beberapa aturan penting yang harus diikuti ketika mengonsumsi suplemen kalsium. Seperti dilansir dari laman Times of India, berikut daftarnya.

Jangan mengonsumsinya dengan kafein dan bayam

Suplemen Penurun Kolesterol Jepang Diduga Picu Gagal Ginjal, Sudah Beredarkah di Indonesia?

Kafein dapat menurunkan penyerapan kalsium, dan mungkin menyebabkan osteoporosis. Menelan oksalat (seperti yang terkandung di dalam cokelat dan bayam), zat besi (seperti terkandung di dalam hati dan kismis), dan phytates (ditemukan dalam biji-bijian) juga mengganggu penyerapan kalsium.

Jangan mengonsumsi tablet multivitamin

5 Tewas dan Lainnya Dilaporkan Gagal Ginjal Diduga Usai Konsumsi Suplemen Buatan Perusahaan Jepang

Mengatur waktu minum suplemen kalsium dan tablet multi-vitamin juga hal penting yang harus diperhatikan. Mengonsumsi keduanya bersama-sama dapat mengganggu penyerapan zat besi dan multivitamin.

Jangan mengonsumsi sebelum tes laboratorium

Perlu dicatat bahwa suplemen kalsium dapat mengganggu tes laboratorium tertentu (termasuk tes kolesterol).

Jangan mengonsumsinya saat minum obat

Mengonsumsi obat bersamaan dengan suplemen kalsium berpotensi menyebabkan efek samping gastrointestinal seperti sembelit dan dispepsia, dan juga mengganggu penyerapan berbagai obat-obatan seperti anti-hipertensi dan anti-epilepsi. Jadi berkonsultasilah dengan dokter Anda.

Jangan mengonsumsinya jika Anda perokok

Merokok dan mengonsumsi alkohol tidak hanya meningkatkan risiko osteoporosis, tetapi juga dapat mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh Anda. Pertimbangkan untuk menghentikan kebiasaan buruk ini jika Anda ingin hasil yang lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya