Telur Dalam Salad Mampu Maksimalkan Penyerapan Vitamin E

Ilustrasi telur rebus
Sumber :
  • Pixabay/jackmac34

VIVA.co.id – Vitamin E dibutuhkan tubuh untuk menunjang kinerja organ tubuh. Zat ini juga memiliki efek antioksidan yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Namun, penyerapan tubuh terhadap vitamin E ini sangat minim. Sehingga banyak diproduksi suplemen vitamin E untuk memenuhi asupan tersebut.

Daftar Harga Pangan 5 April 2024: Cabai dan Telur Ayam Naik Jelang Lebaran

Sebetulnya, menambah asupan vitamin E dalam tubuh bisa diakali dengan memilih makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang mampu membantu penyerapan vitamin E dalam tubuh. Salah satunya telur.

Sebuah studi menunjukkan bahwa menambahkan telur pada salad akan membuat tubuh lebih mudah menyerap vitamin E.

Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Berkembang dan Bisa Bantu Banyak Orang

"Kami menemukan bahwa penyerapan vitamin E mencapai empat hingga tujuh kali lipat ketika tiga butir telur ditambahkan pada seporsi salad," ujar Jung Eun Kim dari Purdue University, Lafayette Barat, Indiana, Amerika Serikat.

Dilansir dari laman Boldsky, vitamin E diserap oleh tubuh melalui lemak makanan seperti yang terdapat pada biji-bijian dan kacang-kacangan.

40 Persen Kebutuhan Telur Wilayah Kutai Timur Dipasok dari Komunitas Desa Binaan KPC

Telur sebagai salah satu makanan kaya nutrisi mengandung asam amino, lemak tak jenuh dan aneka vitamin B dan juga vitamin E.

Salad buah dan sayuran segar.

Penelitian ini menghitung berapa banyak vitamin E yang diserap oleh tubuh jika makanan tersebut dikonsumsi bersamaan dengan telur utuh.

Tak hanya itu, penelitian ini juga menemukan cara meningkatkan penyerapan vitamin E pada makanan rendah lemak. Penelitian ini juga fokus pada bagaimana suatu makanan dapat memengaruhi nilai gizi makanan lain jika dikonsumsi bersamaan.

"Oleh karena itu, para konsumen bisa dengan mudah meningkatkan kualitas makanan mereka dengan menambahkan telur pada salad yang terdiri dari aneka sayur-sayuran," ujar Wayne Campbell, Profesor di bidang Nutrition Science dari Purdue University.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya