Cara Deteksi Dini Kanker Payudara

Ilustrasi Peduli kanker payudara
Sumber :

VIVA.co.id – Kanker payudara merupakan suatu penyakit mematikan kedua setelah kanker serviks. Saat ini, banyak kaum hawa yang menyadari pentingnya menyadari kanker payudara sejak dini.

Program Selangkah Diluncurkan, Bantu Wanita Jangkau Akses Deteksi Kanker Payudara Dini

Kanker payudara memang dapat dirasakan sendiri. Terdapat beberapa indikasi yang perlu Anda perhatikan agar bisa ditanyakan langsung kepada dokter yang menangani Anda. Contohnya saja, seperti timbulnya gejala rasa sakit pada payudara atau ketiak di mana hal tersebut tidak berhubungan dengan siklus menstruasi.

Selain itu, yang lebih mudah diidentifikasi adalah munculnya benjolan di sekitar payudara. Benjolan tersebut tidak seperti pada umumnya karena memiliki ketebalan yang tidak biasa.

Yayasan Kanker Payudara Indonesia Jalin Kerjasama dengan Perhimpunan Dokter

"Kanker payudara itu tandanya ada benjolan di sekitar payudara yang menebal di payudara. Tapi, perlu diingat juga sekitar 9 dari 10 benjolan yang muncul bukanlah disebabkan oleh kanker," ujar dr. Nugroho Prayogo spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Siloam kepada VIVA.co.id saat acara Perayaan Ulang Tahun Jazzercise Jakarta di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu, 29 Oktober 2016.

Ilustrasi kanker.

Peduli dan Hindari Rasa Takut, Kunci Tekan Angka Kanker Payudara Stadium Lanjut

Sementara itu, dia menambahkan bahwa benjolan atau kulit payudara yang menebal yang mengeluarkan cairan dari puting juga salah satu indikasinya.

Beberapa gejala lainnya adalah perubahan ukuran pada salah satu atau kedua payudara, perubahan bentuk puting, serta kulit payudara yang mengerut.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya