Gunakan Tonik Rambut Sebabkan Flek Kulit Kepala, Benarkah?

Tonik Rambut
Sumber :
  • pixabay/shc9607

VIVA.co.id – Agar rambut tetap sehat, penggunaan tonik rambut sering di anjurkan. Namun dikhawatirkan kandungan kimia pada tonik rambut justru memicu kerusakan rambut dan kulit kepala. Salah satunya timbulnya flek pada kulit setelah menggunakannya bertahun-tahun.

Sering Dilakukan, Ini Penyebab Kerusakan Rambut yang Tak Disadari

Hal tersebut benar adanya, penggunaan tonik rambut secara berlebihan apalagi dengan kandungan yang berbahan kimia tentunya dapat memicu munculnya gejala flek pada kulit kepala.

Namun, munculnya flek pada kulit kepala tidak semata-mata karena penggunaan tonik rambut saja.

Mengenal Transplantasi Rambut, dari Jenis hingga Bahayanya

Pada forum interaktif dokter VIVA Rabu 2 November 2016 di fanpage VIVAlife, Rabu 2 dokter Adnan Yusuf dari MeetDoctor menjelaskan tentang dampak penggunaan tonik rambut.

"Timbulnya flek pada kulit kepala tergantung pada bahan hair tonic tersebut. Jadi, sebaiknya Anda menggunakan produk hair tonic yang cocok untuk kulit kepala," ujarnya.

VIDEO: Obat Alami Ini Ampuh Atasi Diare Hingga Rambut Rontok

Selain itu Adnan menambahkan, munculnya flek pada kulit tersebut bisa saja disebabkan karena paparan sinar matahari.

Sebaliknya, Adnan mengungkapkan bahwa penggunaan  tonik baik bagi rambut asal tepat penggunaannya dan memilih produk yang aman.

“Sebaiknya Anda menggunakan hair tonic tidak secara berlebihan dan mengetahui kandungan hair tonic tersebut. Tidak dengan hair tonic saja Anda dapat menjaga kesehatan rambut Anda dengan makan makanan yang bergizi juga dapat menjaga kesehatan rambut Anda,” ujarnya.

Wanita lebih rentan alami rambut rontok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya