Daftar Nutrisi Ini Mampu Tingkatkan Kualitas Pendengaran

Telinga.
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA.co.id – Kesulitan mendengar, padahal lawan bicara sudah beberapa kali mengulang ucapannya? Mungkin Anda punya masalah pendengaran.

Telinga Berdenging? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Ada beberapa cara untuk menjaga dan melindungi pendengaran dari kerusakan seperti kebisingan atau infeksi. Tapi, ternyata makanan seimbang yang kaya nutrisi ternyata mampu mencegah masalah pendengaran.

Seperti dilansir dari laman Boldsky, berikut beberapa jenis nutrisi yang bisa Anda temukan dalam makanan Anda yang dapat membantu meningkatkan kemampuan pendengaran.

Mengejutkan, Konsumsi Vitamin Ternyata Tak Banyak Manfaat

1. Vitamin C dan E

Vitamin ini menyimpan bahan untuk menangkal radikal bebas sekaligus meningkatkan  kekebalan tubuh, termasuk  memperbaiki kapasitas pendengaran. Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber dari vitamin jenis ini.

Telinga Berdenging Pertanda Digosipkan atau Gejala Penyakit?

2. Asam folat

Jika secara teratur Anda mengonsumsi asam folat, Anda dapat mengurangi risiko gangguan pendengaran hingga 20 persen. Bayam, brokoli, kacang-kacangan, telur, hati, asparagus, adalah makanan yang kaya akan asam folat.

Selain itu, asam folat salah satu agen dari antioksidan, fungsinya mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh yang menjadi ancaman bagi saraf jaringan dalam telinga.

3. Omega-3, asam lemak dan vitamin D

Beberapa jenis ikan seperti salmon, sarden atau tuna mengandung omega-3, asam lemak, dan vitamin D. Konsumsi dua kali dalam seminggu untuk meningkatkan kualitas pendengaran Anda.

4. Magnesium

Magnesium banyak ditemukan di dalam brokoli, kentang, dan pisang. Magnesium memiliki manfaat yang baik bagi pendengaran sekaligus menjaga kesehatan gendang telinga.

5.Zinc

Cokelat hitam, biji Rami, kacang merah, bayam dan tiram, adalah sumber dari zinc yang dapat menjaga kesehatan alat pendengaran.

6. Bromelain

Enzim bromelain banyak ditemukan pada bonggol nanas yang telah matang. Sayangnya, banyak orang yang enggan mengonsumsi bagian ini karena rasanya yang kurang manis dan teksturnya yang agak keras. Bromelain pada nanas dan dapat mengurangi peradangan di seluruh tubuh, termasuk di telinga.

Sayuran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya