Masalah Gigi dan Mulut Picu Problem Kesehatan Seluruh Tubuh

Gigi
Sumber :
  • Pixabay/Esudroff

VIVA.co.id – Gigi dan mulut bukan hanya sebagai alat pencernaan yang menjadi gerbang nutrisi tapi juga dapat menjadi penentu kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Keluarga Kenang Sosok Donny Kesuma, Ingin Semua Anaknya Sukses

Hal ini diungkapkan oleh drg. Udijanto Tedjosasongko, Sp.KGA(K), Ph.D. dalam acara media gathering 3M Clinpro White Varnish di Jakarta, Selasa, 2 November 2016.

Ketua Persatuan Dokter Gigi Anak Indonesia Pusat ini pun menjelaskan beberapa contoh seperti masalah gigi pada anak. Anak yang sering mengalami masalah gigi, sering merasa sakit, pada akhirnya tidak bisa mengkonsumsi makanan yang menjadi kebutuhan utama anak dalam masa tumbuh kembangnya.

Beberapa Masalah yang Bisa Muncul Setelah Pasang Ring Jantung

“Seandainya ada problem bawaan penyakit sistemik pada seseorang bisa menjadi fatal apabila ada masalah gigi. Misalnya kelainan jantung, bila dalam rongga mulut ada lubang bahkan sampai abses, kalau tidak dirawat maka bakteri di gigi akan terbawa sampai ke pembuluh darah dan sampai ke jantung. Akibatnya bisa lebih parah," ujar Udi.

Selain itu, lanjut Udi, menyangkut masalah pencernaan, jika terjadi masalah rongga mulut yang mengakibatkan proses pencernaan di rongga mulut tidak berjalan dengan baik, maka tugas lambung akan menjadi lebih keras. Efeknya, masalah yang tidak boleh muncul di lambung terjadi akibat pencernaan tidak sempurna di rongga mulut.

Kandungan Didiagnosis Penyakit Jantung Bawaan, Apa yang Perlu Dilakukan Ibu Hamil?

"Jadi gigi bisa menyambung kemana-mana. Organ apapun dalam tubuh pasti terhubung dengan gigi," imbuh Udi.

Wanita sakit gigi.

Yuni, mantan istri Donny Kesuma.

Mantan Istri Ungkap Kondisi Kesehatan Donny Kesuma Sebelum Meninggal Dunia

Aktor Donny Kesuma meninggal dunia pada Selasa, 19 Maret 2024 karena sakit jantung yang diidapnya. Ia meninggal dunia di usia 55 tahun.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024