Sebutir Telur Sehari Turunkan Risiko Stroke

Ilustrasi telur
Sumber :
  • pixabay/condesign

VIVA.co.id – Sejumlah ilmuwan mengatakan, mengkonsumsi sebutir saja telur sehari dapat menurunkan risiko terkena stroke hingga 12 persen.

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan Amerika Serikat ini juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi telur setiap hari tidak berkaitan dengan terjadinya penyakit jantung koroner, penyebab kematian nomor satu di dunia.

Para peneliti membuat kesimpulan ini setelah mengulas sebuah penelitian yang telah di publikasikan selama periode 33 tahun, antara tahun 1982-2015, yang melibatkan lebih dari 275 ribu partisipan.

5 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Antioksidan Kuat

Mereka melakukan evaluasi terhadap hubungan antara mengkonsumsi telur dengan penyakit jantung koroner serta stroke.

Peneliti utama Dr Dominik Alexander EpidStat Institute, Amerika Serikat, mengatakan bahwa penelitian ini diperlukan untuk memahami lebih dalam kaitan antara konsumsi telur dengan risiko stroke.

5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Bisa Melembapkan Kulit Secara Alami

"Telur memiliki banyak kandungan nutrisi positif, termasuk antioksidan yang terbukti dapat menurunkan stres oksidatif dan peradangan. Telur juga merupakan sumber protein yang baik yang selama ini diketahui dapat menurunkan tekanan darah," ujar Dr Alexander seperti dikutip Daily Mail.

Satu butir telur berukuran besar dapat mengandung enam gram protein kualitas tinggi dan zat antioksidan lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam kuning telur. Selain itu, terdapat pula vitamin A, D, dan E.

Vitamin E telah diketahui sebelumnya dapat menurunkan risiko serangan jantung pada pasien penyakit jantung. Sementara lutein dapat membantu melindungi dari penyumbatan pembuluh darah.

Ilustrasi telur rebus

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya