Ibu, Jangan Lupa Membersihkan Mainan Anak

Teether Bayi
Sumber :
  • Pixabay/Pavelkraus

VIVA.co.id – Tidak pernah ada batas bila menyangkut masalah perlindungan kesehatan bagi anak. Selain makanan dan pakaian, hal lain yang juga harus Anda perhatikan adalah higienitas lingkungannya. Termasuk mainan yang dimainkannya setiap hari.

Pembunuhan Tuan Tanah Pakai Kuman di India Gegerkan Dunia

Mainan, meski terlihat lucu, tapi mereka bisa menjadi sarang berbagai virus, terutama mainan yang banyak memiliki cekungan yang dalam yang sulit dijangkau tangan. Jadi, penting bagi Anda untuk selalu membersihkan mainan kesayangan buah hati untuk menjaga kesehatannya.

Berikut ini cara membersihkan mainan berdasarkan bahan pembuatnya seperti dikutip dari laman Boldsky.

Libur Nataru di Rumah, Yuk Ajak Si Kecil Main Keseruan Ini

1. Mainan dari bulu
Mainan ini cepat sekali kotor dan dapat menyebabkan alergi. Jadi, kalau Anda kesulitan untuk mencuci mainan ini, pastikan untuk membungkusnya kembali dengan plastik ketika tidak digunakan. Usaha ekstra ini akan membuat mainan berbulu ini bersih lebih lama.

2. Mainan elektronik
Mainan ini tentunya tidak bisa dicuci tapi tetap harus dibersihkan. Untuk penanganan mainan ini, penting bagi Anda untuk membaca petunjuk perawatan yang tertera dalam mainan ini. Untuk membersihkannya, pertama-tama lepaskan baterainya. Kemudian gunakan kain atau tisu basah untuk mengelap permukaannya. Lalu bersihkan dari kuman menggunakan semprotan yang digunakan untuk peralatan rumah tangga kainnya dan lap lagi dengan kain basah.

Hati-hati dengan Produk yang Klaim 99,9% Bunuh Kuman, Ini Faktanya

3. Mainan plastik
Anda bisa mencuci mainan ini lebih sering sehingga bersih dari kuman. Tapi, untuk mainan kendaraan yang terdapat mekanik di dalamnya, cukup lap dengan kain basah permukaan luarnya. Begitu pula untuk mainan kayu, Anda bisa melakukan cara yang sama. Anda juga bisa menggunakan sabun agar lebih bersih.

4. Mainan dari kain
Cara terbaik membersihkan mainan ini adalah mencucinya menggunakan mesin cuci. Jika mainan jenis ini lama tidak digunakan, pastikan untuk membersihkannya dahulu sebelum dimainkan lagi.

5. Mainan di luar
Mainan seperti bola, sepeda, dan lainnya, harus dicuci setiap hari karena mainan yang dipakai di luar memiliki lebih banyak kuman. Setelah buah hati Anda kembali ke rumah dari bermain, taruh mainan di bawah keran yang mengalir agar kotorannya terlepas.

Cara mencuci mainan:
1. Mencuci dengan tangan
2. Menggosok dengan sabun dan air
3. Mengelap dengan spon
4. Mencelupkan mainan ke dalam cairan pembersih

Ilustrasi mainan anak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya