Hampir 3 Juta Orang Dewasa Menderita Penyakit Usus Kronik

Ilustrasi sistem pencernaan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Lebih dari tiga juta orang dewasa di Amerika Serikat, memiliki penyakit peradangan usus besar. Angka tersebut meningkat hampir tiga kali lipatnya dari jumlah sebelumnya.

5 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Lindungi Jantung

Angka perkiraan baru tersebut didapat berdasarkan survei nasional oleh para peneliti di Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Mereka yang memiliki penyakit ini, berarti telah memiliki peradangan kronik di saluran gastrointestinalnya (saluran pencernaan sepanjang tenggorokan, lambung hingga saluran pembuangan).

Dikutip dari laman Huffingtonpost, rata-rata pasien akan mengalami beberapa keluhan seperti sakit perut, kram, lelah dan diare. Meski begitu, tanda gejala tersebut juga umum dialami oleh beberapa penyakit lainnya, sehingga disarankan untuk segera menemui dokter.

6 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Kanker

"Tanda gejalanya juga umum dialami penyakit lain. Sehingga diagnosis dari penyakit peradangan usus besar kronik ini harus dikonfirmasi dengan penggunaan endoskopi," ujar spesialis gastroenterologis, Dr. Siddharth Singh.

Penyebab dari penyakit ini sendiri, sangat beragam mencakup keturunan, faktor lingkungan yakni pola makan, atau juga dipengaruhi sistem imun tubuh. Namun, pada peningkatan angka di Amerika Serikat, dikaitkan dengan faktor makanan.

Pentingnya Kebutuhan Serat pada Metabolisme Tubuh, Cegah Obesitas Lancarkan Sistem Pencernaan

Di mana, banyak masyarakat yang memilih untuk makan makanan cepat saji. Hal itu, meningkatkan lemak dan gula pada tubuh sehingga berdampak pada obesitas yang dikaitkan dengan penyakit kronik ini.

Ilustrasi sistem pencernaan

Labu siam

7 Manfaat dan Nutrisi Labu Siam, Serta Cara Memasaknya Agar Tetap Sehat

Labu siam merupakan sayuran yang mungkin seringkali terlupakan atau kurang diminati. Padahal, di balik itu, labu siam ternyata menyimpan sejumlah manfaat dan nutrisi.

img_title
VIVA.co.id
23 Januari 2024